Dalam menjalankan bisnis apapun, tentu berlaku yang namanya etika
bisnis. Apa itu etika bisnis? Etika bisnis adalah suatu aturan yang
menentukan arah sikap berbisnis yang benar. Yaitu mengenai pantas atau
tidak sesuatu dilakukan dalam menjalani bisnis. Etika bisnis yang cukup
penting dan harus kita taati yaitu kejujuran.
Beberapa dari Anda
mungkin pernah mendengar ungkapan Cari yang haram saja susah, apalagi
yang halal! Banyak yang berpendapat bahwa kejujuran di bisnis era
sekarang ini adalah sesuatu yang mustahil dilakukan. Padahal, jujur
adalah salah satu syarat untuk mujur.
Apakah Anda menjadi kaya
dengan cara berbohong? Kebohongan perlu dihindari. Anda tidak perlu
khawatir menjadi rugi atau bangkrut hanya karena Anda jujur. Mengapa?
Ada banyak alasan untuk jujur dalam berbisnis, berikut di antaranya.
1.
Pada dasarnya semua orang tidak suka dibohongi, demikian juga dengan
konsumen. Hati-hati, kebohongan yang terbongar bisa jadi bumerang yang
mematikan bisnis Anda. Ini adalah ancaman laten yang dampak buruknya
luar biasa.
2. Berkata jujur adalah strategi bisnis. Anda tidak
perlu ragu menceritakan kekurangan-kekurangan dalam bisnis Anda.
Ceritakan pada mereka bahwa kepentingan Anda sama dengan kepentingan
mereka. Dalam berbisnis, Anda perlu meyakinkan konsumen bahwa mereka
mendapatkan nilai lebih atas barang atau jasa yang mereka bayar. Setiap
pengeluaran rupiah harus memberikan nilai yang berarti. Oleh sebab itu,
kesungguhan melayani dengan sepenuh hati akan menjadi keunggulan
bersaing.
3. Perkembangan teknologi dewasa ini tidak memungkinkan
Anda berbohong. Sekecil apapun kebohongan yang dilakukan, pasti akan
terbongkar. Mungkin dahulu teknologi informasi masih banyak menghadapi
kendala. Tetapi saat ini informasi telah berkembang sedemikian pesat.
Pelanggan Anda akan berbagi cerita lewat forum-forum di internet, atau
media lainnya, mengenai produk Anda. Mereka punya banyak sumber
informasi yang dapat mereka akses dengan mudah dan cepat. Jadi tak ada
ruang untuk berbohong.
4. Jika Anda tidak mengiklankan produk
Anda dengan jujur, pelanggan yang telah membuktikan kebohongan Anda akan
mengumumkannya ke calon konsumen yang bahkan belum sempat membeli
produk Anda. Pelanggan Anda adalah masa depan bisnis Anda. Kelangsungan
bisnis Anda ada di tangan mereka. Anda harus menjaga kepercayaan mereka
baik-baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar