do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Kejujuran Penting dalam Berbisnis

Dalam menjalankan bisnis apapun, tentu berlaku yang namanya etika bisnis. Apa itu etika bisnis? Etika bisnis adalah suatu aturan yang menentukan arah sikap berbisnis yang benar. Yaitu mengenai pantas atau tidak sesuatu dilakukan dalam menjalani bisnis. Etika bisnis yang cukup penting dan harus kita taati yaitu kejujuran.

Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar ungkapan Cari yang haram saja susah, apalagi yang halal! Banyak yang berpendapat bahwa kejujuran di bisnis era sekarang ini adalah sesuatu yang mustahil dilakukan. Padahal, jujur adalah salah satu syarat untuk mujur.

Apakah Anda menjadi kaya dengan cara berbohong? Kebohongan perlu dihindari. Anda tidak perlu khawatir menjadi rugi atau bangkrut hanya karena Anda jujur. Mengapa? Ada banyak alasan untuk jujur dalam berbisnis, berikut di antaranya.

1. Pada dasarnya semua orang tidak suka dibohongi, demikian juga dengan konsumen. Hati-hati, kebohongan yang terbongar bisa jadi bumerang yang mematikan bisnis Anda. Ini adalah ancaman laten yang dampak buruknya luar biasa.

2. Berkata jujur adalah strategi bisnis. Anda tidak perlu ragu menceritakan kekurangan-kekurangan dalam bisnis Anda. Ceritakan pada mereka bahwa kepentingan Anda sama dengan kepentingan mereka. Dalam berbisnis, Anda perlu meyakinkan konsumen bahwa mereka mendapatkan nilai lebih atas barang atau jasa yang mereka bayar. Setiap pengeluaran rupiah harus memberikan nilai yang berarti. Oleh sebab itu, kesungguhan melayani dengan sepenuh hati akan menjadi keunggulan bersaing.

3. Perkembangan teknologi dewasa ini tidak memungkinkan Anda berbohong. Sekecil apapun kebohongan yang dilakukan, pasti akan terbongkar. Mungkin dahulu teknologi informasi masih banyak menghadapi kendala. Tetapi saat ini informasi telah berkembang sedemikian pesat. Pelanggan Anda akan berbagi cerita lewat forum-forum di internet, atau media lainnya, mengenai produk Anda. Mereka punya banyak sumber informasi yang dapat mereka akses dengan mudah dan cepat. Jadi tak ada ruang untuk berbohong.

4. Jika Anda tidak mengiklankan produk Anda dengan jujur, pelanggan yang telah membuktikan kebohongan Anda akan mengumumkannya ke calon konsumen yang bahkan belum sempat membeli produk Anda. Pelanggan Anda adalah masa depan bisnis Anda. Kelangsungan bisnis Anda ada di tangan mereka. Anda harus menjaga kepercayaan mereka baik-baik.
Posting Komentar