Perasaan tak berdaya membuat orang merasa frustrasi dan cemas. Dan dalam
dunia bisnis, mudah bagi kita untuk merasa bahwa orang lain selalu
memiliki kendali dan pengaruh lebih besar daripada kita: pelanggan bisa
beralih ke perusahaan lain kapanpun mereka mau, karyawan kita bisa
meninggalkan pekerjaan jika mereka menghendaki, kolega bisa fokus pada
agenda mereka sendiri-sendiri.
Daripada lelah menghabiskan tenaga
untuk melawan semua ketidakberdayaan itu atau memaksakan diri seupaya
terlihat memiliki kekuasaan, cobalah untuk beralih kepada kedermawanan.
Mendorong orang lain untuk selalu kalah dari kita adalah sebuah upaya
yang justru membuat mereka makin kuat. Namun meminta dengan hormat untuk
apa yang Anda inginkan sering mendorong orang lain untuk berbuat dan
memperlakukan Anda sama baiknya.
Lain kali jika Anda membutuhkan
sesuatu, beritahukanlah permintaan itu daripada hanya sekadar memberikan
instruksi atau perintah yang kurang ramah atau bersandar pada hubungan
yang terbangun atas dasar kepercayaan daripada hierarki. Anda akan lebih
mungkin untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dan merasa lebih baik
dengan melaksanakannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar