do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 05 Oktober 2013

Kurangi Stres dengan Kasih Sayang untuk Diri Sendiri

Jika Anda merasa memiliki terlalu banyak hal yang menjadi tanggung jawab dalam pekerjaan seperti tenggat waktu yang menunggu, dan orang-orang yang mengandalkan Anda seperti para karyawan, Anda mungkin belum siap menjadi entrepreneur. Demikianlah kehidupan seorang entrepreneur, selalu penuh dengan tanggung jawab dan pekerjaan.
Menurut Heidi Grant Halvorson, karena Anda tidak bisa membuang stres tersebut begitu saja karena itu juga akan membuat Anda menjadi orang yang tak bertanggung, Anda harus belajar banyak mengenai cara untuk menghadapi semua itu dengan lebih terorganisir. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mempraktikkan kasih sayang terhadap diri mereka sendiri akan menjalani kehidupan sehari-hari penuh dengan perasaan bahagia, optimistis, namun memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang lebih rendah.
Inilah keinginan untuk melihat kegagalan Anda sebagai sebuah pembelajaran. Dan itu hanya bisa dilaksanakan jika Anda memiliki sikap welas asih dan pemahaman yang mendalam terhadap diri Anda sendiri, tanpa harus memberikan kritik yang begitu keras dan sikap defensif yang berlebihan.
Sebagian besar orang yakin bahwa kita harus bersikap keras terhadap diri sendiri agar kehidupan menjadi lebih mudah dan agar kinerja kita bisa jauh melesat dibandingkan para pesaing kita. Tetapi asumsi itu tidaklah selalu benar adanya.
Kasih sayang untuk diri kita sendiri dalam jumlah yang tepat saat kondisi yang tepat (di saat krisis yang begitu sulit) dapat mengurangi tingkat stres yang dialami seorang entrepreneur. Caranya dengan membuat semuanya menjadi lebih mudah untuk belajar dari kesalahan.
Karenanya, ingatlah bahwa membuat kesalahan merupakan sesuatu yang amat manusiawi dan berikanlah waktu bagi diri untuk sedikit beristirahat di antara tumpukan aktivitas yang ada di depan. (HBR/*Akhlis)
Posting Komentar