Sebagai pemilik bisnis, tentunya Anda akan sering mengadakan rapat
untuk mengevaluasi kelangsungan usaha Anda. Rapat kerja yang berlangsung
lama biasanya akan membuat orang mudah bosan dan tidak fokus. Berikut
ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memimpin rapat agar bisa
berjalan efektif dan produktif.
1. Lakukan perencanaan dengan
menentukan siapa saja yang akan diundang untuk mengikuti rapat serta apa
tujuan dilakukannya rapat itu. Dengan begitu, Anda juga akan mengetahui
topik dan informasi apa yang akan dibahas.
2. Tentukan tujuan
dari diadakannya rapat, sehingga saat memulai rapat Anda bisa langsung
mengajak peserta untuk fokus kepada tujuan itu. Tujuan ini juga akan
menjaga agar pembicaraan dalam rapat tidak jauh melenceng.
3.
Susun daftar pembicaraan yang akan dilakukan dalam rapat kemudian
bagikan kepada setiap peserta rapat. Hal ini untuk memudahkan peserta
agar langsung berdiskusi dan membuka jalan untuk setiap opini atau ide
yang hendak diutarakan.
4. Langsung mulai rapat sesegera mungkin
setelah para peserta hadir dan bila pembicaraan mulai menjauh dari topik
rapat, maka Anda sebagai pemimpin harus bisa membawanya kembali ke
topik semula.
5. Catat isi rapat, setiap opini, dan pertanyaan
yang diajukan dalam rapat. Seandainya ada beberapa hal yang belum bisa
dipastikan saat itu, buat catatan khusus agar nantinya bisa diselesaikan
atau dibicarakan dalam rapat selanjutnya.
6. Buat rangkuman saat
rapat telah selesai untuk memastikan bahwa pemaham setiap orang yang
hadir sudah sama. Hal ini juga untuk menghindari terjadinya salah
persepsi setelah mereka keluar dari ruang rapat. (as/dari berbagai
sumber)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar