Rapat untuk keperluan kerja dan bisnis bisa berjalan sangat lama dan
membosankan. Tentunya, jika kondisi tersebut terjadi akan membuat rapat
menjadi tidak efektif dan efisien.
Berikut adalah beberapa cara agar rapat agar bisa lebih efektif serta tidak banyak menghabiskan waktu.
Persiapan yang matang
Agar
rapat bisa berlangsung singkat dan masing-masing orang bisa kembali
bekerja, maka lakukan persiapan sebelum memasuki ruang rapat. Buat
daftar tentang apa saja yang akan Anda kemukakan di rapat dan pertanyaan
yang akan dilontarkan. Jika Anda akan melakukan presentasi, sebaiknya
sebelum rapat dimulai semua alat-alat sudah disiapkan, seperti laptop,
in-focus, dan presentasi Anda. Jangan lupa juga buat salinan dari isi
presentasi Anda, sehingga peserta rapat bisa membacanya.
Jangan takut bicara
Walaupun
Anda bukan orang yang akan maju presentasi saat meeting, jangan pernah
ragu untuk memberikan ide dan pendapat. Apabila ada penjelasan yang
susah dimengerti, Anda juga harus berani untuk mempertanyakannya.
Sehingga setelah rapat selesai, setiap orang bisa memahami apa isi rapat
dan bisa menindaklanjuti hasil rapat tersebut.
Beri perhatian penuh
Hal
yang seringkali terjadi dalam setiap meeting, terutama jika Anda merasa
diri tidak ikut ambil bagian, Anda akan kesulitan untuk fokus dan
mendengarkan. Tapi, cobalah untuk selalu memberi perhatian penuh dalam
setiap meeting yang Anda ikuti. Caranya, selalu duduk paling depan,
hindari memegang ponsel, dan berusaha melakukan kontak mata dengan
pembicara rapat. (as/dari berbagai sumber)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar