do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Ingin Rapat Berjalan Efektif? Simak Artikel Berikut

Rapat untuk keperluan kerja dan bisnis bisa berjalan sangat lama dan membosankan. Tentunya, jika kondisi tersebut terjadi akan membuat rapat menjadi tidak efektif dan efisien.
Berikut adalah beberapa cara agar rapat agar bisa lebih efektif serta tidak banyak menghabiskan waktu.
Persiapan yang matang
Agar rapat bisa berlangsung singkat dan masing-masing orang bisa kembali bekerja, maka lakukan persiapan sebelum memasuki ruang rapat. Buat daftar tentang apa saja yang akan Anda kemukakan di rapat dan pertanyaan yang akan dilontarkan. Jika Anda akan melakukan presentasi, sebaiknya sebelum rapat dimulai semua alat-alat sudah disiapkan, seperti laptop, in-focus, dan presentasi Anda. Jangan lupa juga buat salinan dari isi presentasi Anda, sehingga peserta rapat bisa membacanya.
Jangan takut bicara
Walaupun Anda bukan orang yang akan maju presentasi saat meeting, jangan pernah ragu untuk memberikan ide dan pendapat. Apabila ada penjelasan yang susah dimengerti, Anda juga harus berani untuk mempertanyakannya. Sehingga setelah rapat selesai, setiap orang bisa memahami apa isi rapat dan bisa menindaklanjuti hasil rapat tersebut.
Beri perhatian penuh
Hal yang seringkali terjadi dalam setiap meeting, terutama jika Anda merasa diri tidak ikut ambil bagian, Anda akan kesulitan untuk fokus dan mendengarkan. Tapi, cobalah untuk selalu memberi perhatian penuh dalam setiap meeting yang Anda ikuti. Caranya, selalu duduk paling depan, hindari memegang ponsel, dan berusaha melakukan kontak mata dengan pembicara rapat. (as/dari berbagai sumber)
Posting Komentar