do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

memaksimalkan sdm

Karyawan suatu perusahaan mewakili sejumlah kreativitas yang hanya terekplorasi sebagian dengan sangat baik. Orang akan membawa bakat kreatif mereka ke dalam peran spesifik mereka tetapi sebagaimana yang sering dapat dilihat dalam kehidupan pribadi mereka, karyawan memiliki banyak bakat lain dan energi kreatif yang belum tersalurkan.

Stephen Covey, penulis kepemimpinan dan manajemen, mengatakan bahwa penelitian terkini menyatakan bahwa sebagian besar orang sama sekali tidak puas dengan peran mereka dalam pekerjaan.
Data itu membuat kita sadar. Hal ini sesuai dengan pengalaman saya sendiri dengan orang-orang dalam setiap jenis perusahaan di dunia Kebanyakan orang tidak berkembang dengan baik dalam perusahaan yang menjadi tempat mereka bekerja. Mereka tidak merasa puas atau bersemangat Bisakah Anda bayangkan biaya perusahaan dan pribadi dari kegagalan dalam mengikutsertakan gairah, bakat dan kecerdasan dalam diri para pekerja?

Tony Fernandes, pendiri dan CEO maskapai penerbangan berbiaya rendah Malaysia Air Asia, mengatakan : Perusahaan kami masih tergolong kecil meskipun bertumbuh dengan cepat dan itu berarti setiap orang sangat berharga. Akhirnya saya lebih memilih untuk memiliki 6.000 otak yang bekerja untuk saya daripada hanya memiliki 10 saja. Kami selalu berinovasi dan tidak pernah duduk diam dan inilah yang membantu kami. Jika ada ide bagus, ide itu bisa diterapkan dengan cepat karena kami menerapkan birokrasi yang minimal. Jika ide itu kurang bagus, kami bisa menyingkirkannya dengan cepat juga. Itulah bagaimana kami bekerja, sebuah cara yang orang lain mungkin belum coba lakukan.

Raksasa komputer IBM menunjukkan suatu cara menarik dengan apa yang disebut sebagai IBM Jams sebuah rangkaian curah gagasan kolaboratif berbasis web yang didesain untuk menjaring ide sebanyak yang bisa dilakukan karyawan dan pemangku kepentingan dalam IBM lainnya.

Di program Innovation Jam tahun 2006, lebih dari 150.000 orang dari 104 negara dan 67 perusahaan berkumpul secara online. Ide-ide yang dihasilkan itu tersedia secara bebas bagi semua orang yang ingin masuk dalam situs. IBM berjanji untuk berinvestasi sebesar 100 juta dollar AS dalam ide-ide yang paling menjanjikan dan sepuluh bisnis baru diluncurkan.

Google mendorong karyawannya secara sistematis untuk mengeksplorasi bidang-bidang yang tidak berada dalam deskripsi pekerjaan resmi mereka: hal-hal yang menarik atau membuat mereka bersemangat.

Sebagaimana yang dikatakan oleh pimpinan dan CEO Google Eric Schmidt, Kami diatur berdasarkan sesuatu hal yang disebut sebagai 20 persen waktu yang berarti bahwa para insinyur bisa menghabiskan kira-kira satu hari dalam seminggu, yang rasanya cukup panjang, untuk mengerjakan sesuatu yang mereka sukai. Sebagian besar ide baru kami justru datang dari 20 persen waktu tersebut.

Orang memiliki sifat banyak akal dan kreatif. Banyak energi ini menemukan penyalurannya melalui hobi dan kegiatan lain di luar pekerjaan. Temukan sebuah cara untuk menggunakan energi kreatif ini dalam kehidupan kerja para kolega Anda. Perusahaan sebagai satu kesatuan memiliki lebih banyak otak dibandingkan tim manajemen. Pikirkan mengenai pengenalan acara-acara yang terpisah atau cara-cara menjalankannya yang secara sistematis meminta orang untuk berkontribusi dengan ide mereka. Orang-orang akan merasa bersemangat dengan proses ini demi proses ini sendiri. Namun pastikan untuk memberikan penghargaan terhadap kontribusi yang berhasil. Pengakuan juga bisa dianggap cukup. Pertimbangkan menggabungkan waktu berpikir ke dalam deskripsi pekerjaan orang.
Posting Komentar