Salah satu faktor penyebab kegagalan pemula dalam berbisnis adalah
tidak melakukan riset tentang bisnis yang dijalankan. Meski susah-susah
gampang, langkah itu tetap wajib dilakukan.
Bisnis yang baik
adalah yang bisa bertahan lama. Tentu saja, hal itu harus diiringi
dengan kenaikan profit yang bagus. Bisnis yang mampu berumur panjang
rata-rata dimulai setelah melakukan riset pangsa pasar.
Riset
merupakan hal yang wajib Anda lakukan saat ingin memulai bisnis. Bukan
apa-apa, dari riset, Anda bisa mengetahui seberapa besar potensi ide
bisnis yang ingin dijalankan. Seperti kata pepatah tak kenal, maka tak
sayang, begitu juga dengan bisnis. Akan lebih mudah jika Anda tahu medan
dan target yang ingin Anda masuki.
Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa membantu Anda dalam melakukan riset sebelum memulai bisnis.
Pertama,
Anda harus tahu segmen pasar yang ingin Anda tuju. Segmen itu
seharusnya sudah Anda miliki ketika ide bisnis muncul di kepala Anda.
Jika Anda tahu segmen pasar yang pas untuk produk Anda, tentu Anda tidak
perlu repot-repot mencoba semua pasar. Misalkan, target yang ingin Anda
tuju adalah anak-anak muda, maka cukup fokus pada pasar tersebut.
Segmen juga bisa diketahui dari seberapa besar jangkauan pasar yang
ingin Anda garap. Apakah hanya di sekitar tempat tinggal Anda, di kota
Anda atau untuk di seluruh Indonesia?
Kedua, menentukan lokasi
berdasar segmen. Saat Anda sudah mengetahui segmen pasar Anda, langkah
berikut adalah menentukan lokasi yang tepat untuk bisnis Anda. Anda yang
memilih bisnis offline, lokasi yang dimaksud adalah tempat toko Anda
akan berada. Jika bisnis Anda dijalankan via online, tentu saja Anda
harus pandai memilih lokasi di dunia maya. Misalnya, dengan
memasarkannya ke komunitas-komunitas online yang sesuai dengan segmen
produk Anda.
Ketiga, jangan memusuhi kompetitor. Dalam dunia
bisnis, kompetitor bisa Anda manfaatkan sebagai jalan untuk memasuki
bisnis tersebut. Anda harus paham bahwa kompetitor biasanya sudah lebih
dahulu masuk ke bisnis tersebut, dan mereka sudah lebih matang dalam
melakukan edukasi pasar. Jadi Anda tidak perlu repot-repot lagi
melakukan edukasi ke konsumen Anda, bukan?
Keempat, lakukan
analisis modal dengan matang. Percuma saja Anda memiliki modal
berlimpah, namun tidak tahu cara menggunakan itu untuk memulai bisnis
Anda. Analisis perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa besar investasi
maksimal dan minimal yang dibutuhkan untuk bisnis Anda. Hitung dengan
matang biaya-biaya apa saja yang Anda perlukan.
Setelah semua
riset dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah aksi. Riset saja akan
percuma, jika Anda tidak melakukan aksi apapun untuk memulai bisnis
Anda. Selamat berbisnis! (bn)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar