Bagi kebanyakan orang waktu dilewatkan begitu saja, tanpa harus
dimanfaatkan secara bermakna. Namun, jika Anda seorang entrepreneur,
Anda pasti tahu bagaimana berharganya waktu bagi kemajuan usaha Anda.
Waktu
tidak hanya setara dengan uang, namun lebih dari itu. Waktu merupakan
aset tak kasat mata yang paling sulit untuk dikendalikan penggunaannya.
Untuk itulah diperlukan beberapa panduan yang bisa membuat Anda
memanfaatkan waktu dengan lebih efisien lagi.
Berikut beberapa
strategi yang dapat Anda terapkan yang kami sadur dari buku Bob Adams
berjudul Small Business Start-Up: Your Comprehensive Guide to Start Up:
Rencanakan aktivitas harian dan mingguan Anda
Jangan
mengharapkan bisa mengelola sebuah bisnis yang sukses jika disiplin
pribadi Anda begitu lemah. Jadilah seorang pengelola yang efektif dengan
membuat sebuah jadwal bagi aktivitas harian dan mingguan Anda. Bagilah
waktu dengan bijak. Jelaskan alokasi waktu dari tiap kegiatan yang harus
dilakukan. Dan tiap minggu, pilihlah jenis aktivitas yang Anda jadikan
prioritas untuk dilaksanakan.
Membuat prioritas
Agar
dapat memanfaatkan waktu yang ada dengan seoptimal mungkin, Anda harus
membuat sebuah skala prioritas, dimulai dengan mengerjakan sesuatu yang
paling penting dan peka terhadap perubahan waktu serta memiliki pengaruh
paling besar dan luas terhadap keberlangsungan perusahaan secara
global.
Beberapa jenis tugas atau pekerjaan bisa bersifat
mendesak dan penting. Contohnya sebuah presentasi untuk calon klien
potensial. Namun sering tugas yang bersifat mendesak bukanlah sebuah
pekerjaan yang paling penting.
Banyak pemilik sekaligus pengelola
bisnis kecil memiliki kecenderungan untuk berpikir bahwa mereka harus
memulai hari kerja dengan menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari yang
sebenarnya kurang bermakna bagi kemajuan perusahaan di masa datang.
Tugas-tugas tersebut seperti menguji atau meluncurkan produk baru,
mengevaluasi produk yang sudah ada di pasaran agar bisa lebih memenuhi
harapan konsumen, mengkaji kembali sudut pandang pemasaran yang sesuai
dengan perkembangan pasar terkini, atau menyusun dan merevisi rencana
bisnis.
Lakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut meskipun
konsekuensinya Anda harus meluangkan waktu lebih banyak. Kadang hal ini
juga membuat Anda mengorbankan pekerjaan lainnya yang lebih mendesak.
Namun, Anda tentu bisa menyiasatinya dengan mendelegasikannya kepada
bawahan.
Sisihkan waktu untuk yang tak terduga
Sebagai
seorang pemilik bisnis tentunya tidak aneh lagi dengan segala hal yang
berbau mendadak. Hal-hal yang mendadak ini mungkin tidak akan berdampak
besar jika tidak terlalu mendesak atau penting tetapi jika hal yang
mendadak tersebut bisa menentukan berkembang tidaknya bisnis Anda, maka
tidak ada pilihan lainnya selain mengerjakannya hingga selesai
secepatnya. Ada baiknya saat menyusun jadwal harian atau mingguan, Anda
alokasikan sebuah waktu tambahan untuk menyelesaikan kewajiban-kewajiban
yang datangnya tidak terduga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar