do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Menunjukkan Kredibilitas sebagai Seorang Pemimpin

Salah satu karakteristik paling utama dari seorang pemimpin yang efektif ialah kepemilikan kredibilitas dalam pribadinya. Jika tim Anda tidak menaruh kepercayaan pada kemampuan Anda dalam melakukan pekerjaan sebagai pemimpin, Anda harus berjuang keras untuk memotivasi mereka dalam bekerja setiap saat. Jangan berasumsi bahwa kredibilitas Anda akan terpancar dengan sendiri saat Anda menyandang status CEO, atau entrepreneur. Lakukan upaya secara sadar dan terarah untuk mengukuhkan kredibilitas tersebut sejak awal dengan menunjukkan tekad Anda dalam melakukan setiap tugas sebagai pemimpin, dengan menunjukkan secara nyata perilaku-perilaku yang Anda ingin para karyawan untuk lakukan dalam keseharian mereka.
Misalnya jika Anda ingin mereka bekerja dengan menaati dan menghargai waktu, contohkan pada mereka bahwa Anda juga menghargai waktu dengan datang tepat waktu ke kantor atau lebih awal hadir di rapat, kecuali Anda memiliki sebab yang kuat untuk datang lebih lambat dari yang seharusnya. Selain itu, tepati janji Anda pada mereka dan jangan mengulur-ulur tenggat waktu yang sudah sejak awal ditetapkan.
Selalu siapkan diri Anda untuk mengadakan rapat dan presentasi bersama. Berikan tanggung jawab pada pegawai dan perlakukan mereka dengan adil dan konsisten. Dan gunakan kekuatan dan pengaruh Anda demi membantu pegawai. Ingatlah bahwa sekali Anda mengukuhkan kredibilitas itu, Anda harus berupaya keras sepanjang waktu agar kredibilitas dan kepercayaan yang sudah terbangun senantiasa terjaga dengan sebaik mungkin karena sekali tercela, akan susah memperbaiki dan memulihkannya seperti semula. (HBR/*Akhlis)
Posting Komentar