do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Tempat Kerja Menyenangkan, Produktivitas Meningkat

Terdapat banyak alasan untuk mencoba menciptakan sebuah suasana di tempat kerja yang membuat orang-orang di dalamnya merasa senang. Dalam perusahaan-perusahaan yang bergantung pada bakat kreatif, sebuah lingkungan kerja yang mendorong permainan akan membuat orang berkumpul, menghancurkan sekat-sekat yang ada dan membuat sebuah suasana kerja yang lebih cair, santai, dan mendukung kerjasama satu sama lain.

Dan Nye, CEO situs jejaring sosial bisnis LinkedIn dari tahun 2007 hingga 2009, menjelaskan bagaimana perusahaannya yang tumbuh pesat itu mencoba sesuatu yang tidak lazim untuk menciptakan atmosfer yang memungkinkan para generasi muda berkumpul, bersenang-senang dan bekerja lembur.

"Kami memiliki sebuah ruang permainan besar yang di dalamnya ada PlayStation 2 dan permainan Guitar Hero. Kami juga punya meja ping pong dan meja biliar. Lalu apa gagasan di balik semua permainan ini? Permainan-permainan ini membuat orang dari semua bagian berinteraksi, berkomunikasi dan bermain. Kami mencoba membangun ikatan sosial dan meniadakan penghalang antarkelompok. Kami juga melakukannya agar orang bisa makan atau bermain dengan cepat dan tetap bekerja lembur. Ini merupakan keputusan bisnis yang hebat."

Jacqueline Novogratz ialah seorang filantropis ventura dengan Acumen Fund, sebuah ventura nirlaba yang dioperasikan untuk mengatasi kemiskinan dunia. Ia memimpin proyek-proyek kewirausahaan lokal di seluruh penjuru dunia, banyak yang di antaranya dijalankan oleh perempuan. Ia berbicara tentang pentingnya tertawa bersama dan tentang kenyataan bahwa pada tingkatan yang paling dasar, harga diri merupakan faktor pendorong yang lebih kuat daripada uang.

"Pelajaran nyata bagi saya ialah bagaimana harga diri jauh lebih penting bagi jiwa manusia daripada kekayaan. Dan apa yang semua wanita itu, sebagaimana juga kita semua, butuhkan ialah mengetahui bahwa kami bisa memenuhi kebutuhan dasar tetapi untuk memiliki kekuatan untuk mampu mengatakan tidak pada hal-hal yang tidak kita kehendaki, yang kita tidak ingin lakukan. Dan kepemimpinan sebagai sebuah cara menginspirasi, mendengar, dan memungkinkan orang-orang yang Anda tahu untuk mengembangkan diri mereka sendiri. Dan itu hanya sebuah pengalaman kecil dalam beberapa sudut pandang, tetapi satu yang saya pikirkan sepanjang waktu yang mengajarkan pada saya banyak hal tentang mendengar dan harga diri dan tertawa sebagai sebuah komponen yang amat sangat penting. Semakin saya tertekan, semakin sedikit hal yang berhasil dan semakin banyak kita tertawa, semakin banyak hal yang mampu kita selesaikan."

Jika Anda ingin orang-orang menikmati saat-saat mereka bekerja, cobalah untuk membuat tempat kerja menjadi sebuah tempat yang lebih menyenangkan.Bersenang-senang saat bekerja memecah penghalang dan menciptakan kelompok-kelompok informal yang melintasi hirarki yang telah ada di dalam perusahaan.Saat pekerjaan menjadi menyenangkan, orang-orang akan lebih suka tetap bekerja di perusahaan.Dalam perusahaan yang penuh dengan ketegangan bagi manusia yang berada di dalamnya, tertawa bersama-sama bisa menjadi sebuah unsur penting dalam menjaga semangat tetap membara. (*/Akhlis)
Posting Komentar