do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 27 September 2013

Mari Mengenal Model Bisnis Online

Banyak di antara Anda yang sudah memiliki pekerjaan tetap, namun tetap ingin memiliki bisnis sendiri. Alasan yang paling klasik adalah ingin mendapat penghasilan tambahan.

Tapi untuk bekerja sambil menjalankan bisnis kadang sangat merepotkan karena masalah waktu. Bisa dibayangkan, pagi harus kerja sebagai karyawan, tapi sepulang kerja tetap harus mengurusi bisnis. Tentu butuh waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Di tengah kesibukkan Anda sebagai karyawan, salah satu yang menjadi pilihan adalah bisnis online. Dengan memanfaatkan teknologi internet, bisnis Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan bisa di akses kapanpun 24 jam.

Anda mungkin sering melihat iklan di internet yang menawarkan bisnis online dengan penghasilan yang luar biasa, mendapatkan uang ratusan ribu per hari atau bahkan jutaan rupiah. Tapi, apakah semudah itu? Jawabnya bisa ya bisa juga tidak, karena memang tidak sedikit orang yang sukses mengeruk keuntungan dengan menjalankan bisnis di internet.

Bisnis online banyak macamnya. Berikut adalah 3 model utama yang masuk dalam kategori bisnis online.

1. E-Commerce

Berjualan sesuatu di website. Anda bisa menjual produk apa saja, misalnya baju, telepon seluler, rumah, motor, mobil, makanan dan barang lainnya. Kerja sampingan ini tentu sangat cocok jika Anda memiliki banyak teman atau relasi.

2. Content-Rich

Anda bisa membuat blog atau website pribadi dengan menyediakan informasi yang menarik kepada para pembaca blog Anda. Anda bisa daftarkan blog atau situs Anda ke program periklanan. Jika trafik blog Anda bagus dan banyak pengunjungnya, peluang Anda untuk memperoleh penghasilan juga kian besar.

Model bisnis online ini banyak diminati oleh kalangan blogger atau mereka yang memiliki blog atau website. Peluang bisnis ini cukup menjanjikan jika di tekuni dengan serius, bahkan jika Anda sudah bekerjapun Anda bisa menjadikan bisnis di ini sebagai kerjaan sampingan yang menguntungkan. Siang hari Anda kerja sebagai karyawan, di rumah Anda bisa mengelola blog atau website Anda sebagai sumber penghasilan.

3. Membership/Subscription 

Setiap user harus membayar agar bisa membaca atau melihat content. Umumnya bisnis ini menjual ebook yang berisi tutorial menarik seperti SEO untuk mengoptimalkan blog atau website agar mendapat ranking bagus di search engine.

Dalam dunia internet keberadaan SEO ini sangat penting karena bisa mendatangkan banyak pengunjung. Dengan banyaknya pengunjung inilah kesempatan memperoleh uang dari internet juga kian besar. Namun apapun jenis model bisnis online, yang terpenting adalah ketekunan, kesabaran, dan tidak mudah putus asa. Satu hal lagi, banyak sekali orang ingin sukses mejalankan bisnis online di internet, tapi tanpa tindakan nyata tentu kesuksesan tidak bakal datang. (Dim)
BACA JUGA
Posting Komentar