do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 27 September 2013

Cara Mengimplementasikan SEO untuk Aplikasi di App Store

Sebanyak 56% dari pengguna menemukan aplikasi dengan mencari di App Store. Ini jauh lebih banyak dibandingkan metode word of mouth, iklan, dan berita atau blog.
Lalu Anda mungkin bertanya: Seberapa sukarnya menerapkan Search Engine Optimization di App Store? Karena misalnya Anda memiliki satu tim dengan 2 anggota, yang terlalu sibuk membuat aplikasi. Anda juga ingin tahu, apakah SEO akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga?
Jika Anda bisa membeli iklan seharga 2-3 dollar per unduhan untuk selamanya, lupakan SEO. Maslahanya tidak akan ada jenis iklan semacam itu yang ditawarkan.
Kini solusi yang mungkin adalah meluangkan sedikit waktu karena Anda hanya membutuhkan 3 menit per hari untuk bisa melacak dan menyiasatinya.
Berapa banyak unduhan gratis yang dihasilkan dari upaya strategis SEO ini? Karena angka ini tidak dipublikasikan oleh Apple, tidak mungkin untuk melacak dan mengetahui unduhan yang dipicu oleh SEO secara akurat sekarang ini.Namun, berdasarkan masukan dari para pengembang aplikasi, dan dengan mengamati perubahan-perubahan yang demikian dinamis dalam peringkat pencarian App Store di bawah banyak kata kunci penting, Anda perlu mengetahui bahwa jumlah unduhan organik antara 100 hingga 1000 per hari adalah mungkin sekali dengan syarat Anda meningkatkan visibilitas Hasil Pencarian (Search Results) di App Store.
Apple mengakuisisi Chomp yang konon mencapai 50 juta dolar untuk meningkatkan kinerja mesin pencari. Apakah Chomp sudah terintegrasi dalam App Store? Jawabannya ya, tampaknya demikian tetapi implementasinya masih jauh dari kenyataan, dampaknya hanya mempengaruhi App Store di wilayah AS. Di negara lain, mesin pencari sebelumnya masih aktif, sejak 29 Agustus 2012.
Pengaruh Chomp pada pencarian AppStore di AS membuat banyak developer menderita penurunan angka unduhan organik. Ada yang mengeluh bahwa semula aplikasinya menduduki peringkat 1 di bawah kata kunci yang banyak dicari orang. Setelah perubahan yang melibatkan Chomp, pengembang aplikasi tersebut kehilangan 90% dari unduhan di AS. Sementara yang lain mengeluhkan bahwa aplikasi mereka awalnya berkembang dengan baik karena SEO yang diterpakan di App Store. Namun setelah perubahan, jumlah unduhan harian menurun drastis bahkan sampai 80%.

Tips bagi Anda yang ingin menembus peringkat mesin pencari App Store di wilayah AS


Faktor-faktor yang mempengaruhi SEO di AppStore di AS ialah ulasan dari situs lain (eksternal) yang tampaknya kini makin penting dalam SEO, rating keseluruhan (minta teman untuk merating aplikasi Anda), dan tingkat kesegaran aplikasi tidak banyak berpengaruh.
Ulasan situs eksternal yang berpeluang besar mempengaruhi ialah yang berada di AppName dengan batasan 3-255 karakter dan saran Apple ialah kurang dari 35 karakter. Untuk kata-kata kunci iTunes, dibutuhkan setidaknya 100 karakter termasuk koma dan deskripsi juga tidak kalah penting. Dari ketiganya, yang paling berpengaruh ialah ulasan di AppName.
Strategi SEO di AppStore (di AS) ialah dengan menyusun sebuah daftar kata kunci yang penting bagi Anda, memasukkan semuanya dalam deskripsi Anda (dalam bentuk yang bisa dibaca dengan enak oleh manusia tentunya, pilih dan sortir kata-kata kunci yang diurutkan berdasarkan tingkat penting tidaknya (pilih 1-5 kata kunci paling penting dalam AppName Anda dan masukkan sebanyak mungkin dalam iTunes Keywords). Yang terakhir ialah dengan meminta situs-situs ulasan aplikasi eksternal )seperti 148apps) untuk menulis sebuah artikel mengenai aplikasi Anda.
Terdapat 3 langkah sederhana untuk SEO di AppStore, yakniTrack,Fix danResearch. Anda perlu melakukan pelacakan, perbaikan dan riset. Semuanya akan dijelaskan di bawah.

Best practice dari developer berpengalaman

SearchMan menganalisis berapa ribu pelanggan memperbaiki SEO mereka dan telah dirangkum sejumlah best practice yang pernah diketahui.Bagi pekerjaan berdasarkan frekuensi:Harian (melacak),Mingguan (riset), danPerbaikan (sebelum merilis versi terbaru).
Sebelum memulai, siapkan 2 daftar: daftar kata kunci ini memuat kata kunci yang Anda temui kapan saja dan di mana saja saat menemukan ide baru kata kunci dan satu lagi daftar aplikasi pesaing memuat aplikasi-aplikasi pesaing yang Anda anggap menjadi pesaing terdekat. Tambahkan di sini saat Anda menemukan pesaing baru, jangan melewatkan nama pesaing untuk itu.
Inilah apa yang harus dilakukan dalam pelacakan harian: dengan melacak peringkat pencarian di semua kata kunci, dan jika Anda menemukan pesaing yang baru, tambahkan ke daftar pesaing.
Untuk riset mingguan, periksa tren peringkat aplikasi Anda untuk semua kata kunci, periksa semua pesaing secara mendetil, dan jika Anda menemukan kata kunci yang para pesaing unggul di dalamnya daripada aplikasi Anda, tambahkan kata kunci itu ke dalam daftar kata kunci yang sudah ada.
Terakhir, sebelum mempublikasikan versi terbaru aplikasi ke para pengguna, perbaiki SEO kembali dengan mencermati kata-kata kunci yang menjadi kandidat pertimbangan, pilihlah semua kata kunci yang sudah diurutkan tingkat urgensinya, dan tulislah deksripsi baru aplikasi versi baru ini. Jangan lupa masukkan App Name, iTunes Keywords. (*AP)
Posting Komentar