do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 27 September 2013

Tips Mengubah Pelanggan Online Jadi Duta Bisnis

Perkembangan media sosial membuat banyak pergeseran, salah satu contohnya kini banyak yang berdagang lewat jejaring sosial seperti Facebook. Perubahan itu memang membawa kemudahan, tetapi juga menuntut tanggung jawab.
Selain bermodalkan kepercayaan, para pembeli juga menuntut perhatian lebih dari pedagang online. Karena sifatnya yang interaktif, para pembeli membutuhkan tanggapan yang cepat dari para penjual.
Tetapi para pembeli juga bukan orang yang pelit pujian, karena menurut sebuah studi pembeli akan menyebarkan kepuasannya kepada teman-temannya jika Anda memberikan pelayanan prima.
Nah, di situlah terletak kesempatan untuk memanfaatkan pelanggan menjadi duta bisnis alias orang yang menyebarkan bisnis kita kepada orang lain secara gratis.
Berikut ini beberapa tips untuk membuat pelanggan Anda semakin loyal dan bahkan tidak segan-segan menjadi duta produk Anda seperti dilansir dari Beritasatu.com:
1. Jadilah pedagang yang cepat tanggap
Jika pelanggan Anda membutuhkan informasi yang cepat tentang isu tertentu, jadilah mitra yang baik dengan menyediakannya sesegera mungkin. Karena sebuah penelitian di Inggris mengatakan 25 persen pengguna media sosial membutuhkan jawaban di bawah satu jam sebelum dia beralih ke tempat lain. Sementara enam persen membutuhkan jawaban di bawah 10 menit.
2. Tampil ke permukaan
Mengirim pesan lewat Facebook atau Twitter memang baik, tetapi ketika itu menyangkut hubungan dengan pelanggan sebaiknya Anda membuatnya setransparan mungkin. Misalnya dengan berkomunikasi dengan pelanggan Anda di Facebook lewat wall dan komentar.
3. Konsisten
Jawablah pertanyaan pelanggan-pelanggan Anda lewat jalur yang sama. Artinya ketika mereka bertanya lewat Facebook, jawablah juga lewat media yang sama. Menggunakan jalur yang berbeda akan pelanggan bingung dan akhirnya tidak bahagia.
4. Terorganisasi
Jika Anda mempunyai perusahaan yang besar, cobalah untuk menggunakan beragam media sosial. Tetapi untuk itu dituntut sumber daya manusia yang tidak saja banyak tetapi juga terorganisasi. Misalnya apa yang Anda sampaikan di Facebook harus sama dengan yang disampaikan lewat Twitter.
5. Lebih manusiawi
Berkomunikasilah dengan pelanggan Anda dengan sentuhan yang manusiawi, sama seperti Anda berbicara dengan orang lain secara langsung, dengan rileks dan santai. Misalnya dengan memposting komentar di wall pelanggan Anda dengan santai dan canda. Dengan demikian pelanggan Anda akan merasa diperhatikan dan menjadi prioritas.
Posting Komentar