do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 23 Oktober 2012

Ciri-ciri anak yang kreatif dan konsep kreativitas


Apa sebetulnya kreativitas ? kreativitas bisanya di artikan sebagai kemampuan untuk mencipta produk baru, contohnya , seorang ibu rumah tangga yang dapat menghidangkan masakan buat keluarganya yang merupakan resep kreasnya sendiri,dari contoh di atas kreasi sangat lah luas dan disini kita akan membahas kreativitas anak.

Pengembangan kreativitas anak terdiri dari 3 bidang Yaitu Kognitif , Afektif , Psikomotor.

Pengembangan Kognitif , antara lain dilakukan dengan merangsang kelancaran , kelenturan , dan ke aslian dalam 
berpikir.

Salah satu keharusan untuk anak adalah banyak berpikir sebelum berbicara dan membiasakan untuk membedakan secara jelas antara Ilmu pengetahuan dengan terkaan, hal ini menunjukan anak harus di didik untuk selalu berpikir dan menyelidiki informasi yang di terima sebelum berbicara, cara berfikir ilmiah merupakan salah satu bentuk pengembangan kognitif.

Pengembangan Afektif

Dapat di lakukan dengan memupuk sikap dan minat untuk bersibuk diri secara kreatif, usahakan untuk anak-anak anda untuk dapat memanfaatkan waktu , situasi , benda atau sarana seefektif mungkin dam bermakna.

Pengembangan Psikomotorik

Dapat di lakukan dengan menyediakan sarana yang memungkinkan anak mengembangkan keterampilannya dalam membuat karya-karya yang produktif inovatif.

Ciri-ciri anak yang kreatif

- Mempunyai daya imajinasi yang kuat.
- Mempunyai inislatif.
- Mempunyai minat yang luas.
- Bebas dalam berpikir.
- Bersifat ingin tahu.


Untuk dapat mewujudkan ciri anak yang kreatif , kepada sang anak di berikan pengetahuan seluas-luasnya dengan memperluas pengetahuan mereka baik melalui buku , majalah , dan sumber pengetahuan lainnya.

Bagaimana sikap orang tua dalam mengembangkan kreativitas

Orang tua yang memberikan kebebasan sang anak dalam berpikir cenderung mempunyai anak yang kreatif , dan anak yang kreatif biasnya mempunyai orang tua yang menghormati sang anak sebagai individu.

Apa yang harus dilakukan orang tua untuk mengembangan kreativitas anak

Untuk mengembangkan kreativitas anak sejak dini , orang tua dapat melakukan banyak hal bersama anak di rumah dengan cara yang sederhana , murah dan mudah , misal 

- Mendongeng , dapat mengembangkan daya kreasi anak.
- Berkarya kreatif , dapat membuat sang anak besarnya nanti mempunyai kreasi dan alternatif dalam kehidupan.
- Melukis bebas, tentunya dengan setumpuk kertas yang telah kita sediakan 
- Menjajaki lingkungan sekitar, untuk membuat daya pikir anak nanti nya rasional.




Poskan Komentar