do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 09 Oktober 2012

Tips Membagi Waktu secara Efektif


Membagi waktu adalah hal yang sulit dilakukan bagi sebagian orang. Tidak semua orang memiliki kemampuan memenejemen waktu dengan baik. Banyak orang yang mengalami kesulitan dengan padatnya rutinitas hidupnya setiap hari sehingga kewalahan menjaga kondisi fisiknya dan jadwal perkerjaan lainnya. 

Saya sebagai pelajar juga mengalami hal yang sama yakni sulit membagi waktu. Apalagi remaja seperti saya yang sedang semangat-semangatnya untuk melakukan segala hal dan merasa memiliki tenaga yang besar untuk melakukan semua hal. Tidak pernah merasa lelah dan memiliki determinasi tinggi untuk mencapai suatu hal, ya mungkin bisa dibilang idealis kali ya (hehe...) 

Sejauh pengalaman saya selama ini, memang kesulitan hampir semua orang khususnya pelajar seperti saya adalah dalm hal membagi waktu. Misalnya, dari pagi hingga sore hari kita melakukan aktifitas wajib, seperti sekolah, bekerja, dsb. Dan setelah pulang sekolah atau bekerja, kita masih memiliki berbagai pekerjaan rumah yang menunggu kita.

Misalnya bagi pelajar, setelah pulang sekolah mereka (termasuk saya,hehe) masih harus mengerjakan tugas-tugas sekolah yang diberikan guru mereka. Dan belum lagi jika selain belajar, para pelajar tersebut juga aktif di kegiatan organisasi di sekolah seperti OSIS, Pramuka, dsb. Pasti mereka memiliki waktu yang lebih sedikit dari pelajar lainnya. 

Sedikit banyak pasti kegiatan utama mereka yakni belajar pasti akan terganggu. Dan terkadang mereka harus melawan kondisi fisik mereka yang menurun karena kecapekan atau kelelahan. Jadi, membagi waktu memang merupakan kewajiban bagi setiap orang, apapun profesi mereka.

Sekarang saya akan membagikan tips membagi waktu (menurut saya lho,hehe). Pengalaman membagi waktu ini saya dapatkan ketika saya menjadi pelajar sekaligus menjadi aktifis OSIS di sekolah saya. Hampir seiap hari selalu ada saja alasan untuk pulang lebih sore.

Ini di tips-tips membagi waktu:


  1. Gunakan skala prioritas untuk mengatur aktifitas anda. Misalnya sebagai pelajar, prioritas paling utama anda adalah belajar. Mungkin jika ada prioritas lain seperti organisasi, maka hal itu dapat anda lakukan setelah belajar. Demikian juga prioritas lainnya dapat anda kerjakan setelah prioritas anda yang lebih utama terlaksana.
  2. Buatlah jadwal rutinitas anda setiap hari. Sejauh hal yang saya lihat selama ini, orang yang sukses entah mengapa selalu memiliki jadwal terhadap kehidupannya setiap hari. Contoh jadwal rutinitas setiap hari dapat anda lihat pada tabel di bawah ini.
  3.  
No
Jam/Pukul
Kegiatan 
 1
 04.30
Bangun Pagi 
 2
04.30-04.45 
Ibadah 
 3
04.45-05.15 
Olahraga
 dst
 dst
 dst
  1. Jangan suka menganggur. Misalnya setelah anda pulang bekerja atau sekolah, jangan gunakan waktu anda yang luang hanya untuk bermalas-malasan. Gunakan waktu luang anda untuk hal-hal yang lebih berguna misalnya olahraga, mengerjakan tugas, istirahat (bermalas-malasan berbeda dengan istirahat lho), dsb.
  2. Gunakan pengingat jika perlu. Misalnya jika anda memiliki acara penting pada hari tertentu anda dapat membuat pengingatnya di handphone anda atau perangkat elektronik lain yang anda miliki. Selain itu anda juga dapat menggunakan memo/agenda untuk mengatur jadwal acara anda.
  3. Selalu berusaha untuk mengerjakan sesuatu dengan kemampuan terbaik anda. Jangan melakukan sesuatu dengan setengah-setengah karena itu akan membuang waktu anda. Contohnya jika anda disuruh membuat tugas. Lakukan itu dengan sebaik-baiknya. Jika anda melakukan dengan setengah-setengah dan hasilnya  tidak memuaskan sehingga anda disuruh mengulang, maka itu akan sangat merugikan anda karena akan membuang waktu anda.
Mungkin itulah tips sederhana dari saya dan telah saya lakukan. Tips di atas adalah murni dari pengalaman saya pribadi sehingga tentu masih banyak kekurangannya sehingga kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan dari anda. Bagaimanapun juga kesuksesan ada di tangan anda!



Tidak ada komentar: