do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 23 Oktober 2012

Perbedaan PINTAR, CERDAS, KREATIF dan INOVATIF


Apa yang membedakan seseorang disebut pintar, cerdas, kreatif atau inovatif?

Kepintaran
Kepintaran adalah kemampuan dalam menyerab informasi, ditunjukkan seperti mampu dalam membaca dan mengambil pengetahuan dari buku atau informasi. Orang pintar memiliki banyak pengetahuan, namun terkadang bisa menghambatnya dalam mengambil keputusan. Berarti kriteria orang yang tidak pintar akan cepat dalam mengambil keputusan karena pengetahuannya yang tidak banyak!

Kecerdasan
Kecerdasan adalah kemampuan mengelola kepintaran. Orang yang sukses, kadang orang yang tidak terlalu pintar, tapi justru bisa mengelola orang pintar. 

Kreativitas
Kreativitas adalah kemampuan untuk membuat perbedaan. Orang yang kreatif adalah orang yang melihat hal yang sama tapi berpikir dengan cara yang berbeda. Orang kreatif mampu stand out of the crowd, tampil di antara kerumunan orang. Perbedaan kreativitas membuat peluang baru terbuka.

Inovatif
Inovatif adalah kemampuan menemukan komersil dari kreativitas. Kreatif bisa membuat perbedaan, sedangkan inovasi membuat perbedaaan memiliki nilai komersial.

Kini saya baru faham kalau belajar itu harus kita lakukan seumur hidup. Dengan belajar, kita bisa memiliki kepintaran, kecerdasan, kreativitas dan inovasi. Dengan belajar pula, akan membedakan seseorang bisa menyikapi kondisi yang sama dengan cara yang berbeda.

Yok kita terus belajar, meski tak harus di tempat yang formal. Ya, paling tidak, belajar dari pelajaran kehidupan bukan?




Poskan Komentar