do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 09 Oktober 2012

Keahlian kewirausahaan yang harus anda miliki untuk kesuksesan bisnis


Apakah sekarang anda memutuskan untuk meninggalkan profesi anda sebagai karyawan dan mulai membangun bisnis anda sendiri sebagai seorang wirausaha? Apakah anda ingin bekerja kapan pun anda mau tanpa ada pengawasan dari atasan? Kemungkinan untuk itu sangat terbuka lebar ketika anda sudah jenuh dengan rutinitas anda sebagai karyawan. Pengalaman anda bertahun-tahun sebagai karyawan bisa sangat berguna dalam membangun bisnis anda sendiri. Semua pengalaman itu setidaknya meningkatkan peluang sukses anda. Tapi apakah anda memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk sukses menjadi pengusaha?

Dunia bisnis sekarang ini sangat kompetitif. Oleh karena itu anda membutuhkan keahlian khusus agar dapat sukses sebagai seorang pengusaha. Sebagai seorang pengusaha, anda perlu untuk memiliki keahlian organisasional dan keahlian manajemen yang akan membawa bisnis anda kepada kesuksesan. Tapi lebih daripada itu, anda harus memiliki hasrat yang kuat untuk sukses. Suatu gairah dan semangat kerja yang tinggi.

Berikut ini adalah beberapa keahlian wirausaha yang perlu anda miliki untuk kesuksesan bisnis anda:

1. Jadilah seorang generalis
Anda tidak harus menguasai satu bidang secara tuntas, tapi anda harus cukup fleksibel untuk mengetahui setiap aspek dari dasar-dasar bisnis dan bagaimana setiap hal saling berhubungan satu sama lain. Diantara keahlian wirausaha lainnya, keahlian jenis ini memberi anda suatu kapasitas untuk mampu melihat bagaimana hal-hal saling berkaitan dan memampukan anda untuk menjalankan bisnis secara keseluruhan. Jadi, anda harus mengetahui sedikit dari semua hal, bukan mengetahui banyak dari hanya satu hal saja.

2. Kemampuan manajerial dan kemampuan administratif
Kebanyakan bisnis besar mempekerjakan ratusan dan bahkan ribuan karyawan dengan spesialisasi mereka masing-masing. Lupakan dulu hal tersebut jika anda memulai bisnis dari nol seperti kebanyakan pengusaha sukses memulai bisnis mereka. Bahkan menyewa seorang asisten adalah cukup mahal bagi anda yang baru memulai bisnis. Jadi dasar keahlian wirausaha yang perlu anda miliki pertama kali adalah keahlian administratif untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran harian anda. Selain itu, anda memerlukan keahlian manajerial untuk mengendalikan setiap situasi yang terjadi ketika anda mulai menjalankan bisnis anda. Misalnya melayani keluhan pelanggan melalui telepon sebagai bagian dari peran anda sebagai customer service.

3. Keahlian perencanaan
Perencanaan adalah keahlian penting yang harus anda miliki sebagai seorang pengusaha. Diantaranya adalah mengelola manajemen waktu anda sehingga waktu anda tidak terbuang percuma ketika banyak hal yang harus anda selesaikan. Keahlian perencanaan akan memastikan anda memiliki, bukan hanya ide mengenai apa yang telah anda capai hari ini, tapi juga memastikan bahwa anda berpegang teguh pada rencana anda. Hal yang paling sulit mungkin adalah banyaknya tugas yang harus anda selesaikan setiap hari. Kemampuan untuk menyelesaikan banyak hal adalah suatu keharusan bagi seorang pengusaha agar dapat mencapai hasil yang memuaskan.


4. Keahlian manajemen keuangan
Saat anda memutuskan untuk menjalankan bisnis bukan hanya sebagai suatu sarana mewujudkan keinginan anda menjadi seorang pengusaha tapi juga untuk mendapatkan sejumlah uang, anda harus mengasah keahlian manajemen keuangan anda. Salah satu keahlian penting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha adalah kemampuan untuk mengelola keuangan anda agar anda mempunyai cukup uang untuk membiayai bisnis anda dan memperoleh sisanya sebagai keuntungan anda.

5. Keahlian berinteraksi dengan manusia
Mendirikan suatu bisnis akan mewajibkan anda untuk berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai macam latar belakang. Ini adalah suatu keahlian bisnis yang akan memungkinkan bisnis anda semakin berkembang dan semakin sukses. Setiap pengusaha sukses mempunyai keahlian yang cukup baik dalam hal berinteraksi dengan manusia, dan jika tidak memiliki keahlian tersebut, mereka mempekerjakan orang lain untuk melakukannya. Anda akan selalu berhubungan dengan manusia dalam setiap tahap dari perkembangan bisnis anda. Jadi pastikan anda memiliki ketertarikan terhadap orang lain dan bagaimana cara mereka bekerja.

Keahlian kewirausahaan tersebut adalah kemampuan yang akan mensukseskan atau menggagalkan bisnis anda. Memiliki keahlian ini sejak dari awal akan mengurangi rintangan anda dalam memulai karir baru sebagai seorang pengusaha. Menggunakan keahlian-keahlian tersebut secara strategis akan memastikan bisnis anda tetap bertahan dalam berbagai macam situasi.



Posting Komentar