do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Minggu, 21 Oktober 2012

Tips Cara Menjadi Orang Jujur.


Kejujuran adalah modal dasar agar bisa dipercaya orang lain yang ada di sekitar kita. Orang yang jujur sudah tentu disukai banyak orang.

Sekali berbohong maka rusak sudah kepercayaan kita di mata orang lain. Oleh sebab itu jadilah orang jujur yang tidak suka berbohong untuk menjaga kredibilitas kita di mata orang lain.

Berikut ini adalah cara untuk menjadi orang yang jujur :

1. Lebih Baik Diam Daripada Berbohong Jika kita ditanya orang lain untuk mengatakan sejujurnya, maka kalau kita tidak mau menjawab sebaiknya alihkan perhatian pembicaraan (ganti topik), diam saja,

2. Bohong Itu Dosa Kalau kamu beriman kepada Tuhan maka kamu harus takut sama yang namanya dosa.

Dosa yang menumpuk dan banyak bisa menyeret kita ke neraka. Kebohongan yang satu harus ditutupi oleh banyak kebohongan lainnya. Jadi tambah banyak dosa.

3. Anggap Kebohongan Itu Memalukan dan Menjijikkan Kalau kita tidak mau bohong kita harus menganggap bahwa bohong itu sesuatu yang banci, jijik, buruk, jelek, kotor, memalukan, brengsek, kurang ajar, tercela, dan lain sebagainya. Bohong yang dipelihara bisa menjadikan kita penjahat di masa depan. Dengan begitu kita akan berusaha untuk jadi orang yang jujur.

4. Latih Terus-Menerus Kalau kita sudah biasa bohong, maka jangan sungkan-sungkan minta bantuan istri, suami, pacar, teman, orangtua, atau sahabat untuk membantu kita menghilangkan kebiasaan bohong.

Jika kita berbohong minta orang itu mencubit atau memukul kita sebagai hukuman kelakukan kebohongan.


5. Selalu Bayangkan Wajah Korban Yang Sadar Coba bayangkan saja wajah-wajah orang yang marah, sedih, kecewa, dan lain-lain setelah tahu kita bohongi. Tentu saja wajah ekspresi mereka bisa membuat hidup kita tidak nyaman. Dengan demikian kita akan berusaha untuk tidak bohong lagi.

6. Bohong Adalah Penyakit Dengan membiasaan jadi tukang bohong, maka kebiasaan tersebut akan terus menjangkiti dan menggerogoti diri kita sampai akhir hayat kita. Apalagi jika orang di sekeliling kita sudah tidak percaya lagi sama kita sehingga kita dikucilkan oleh orang-orang di sekitar kita.

Bagaimanapun juga kebohongan yang ditutup-tutupi akan diketahui juga oleh orang lain (bagaikan bangkai yang lama-lama baunya akan tercium juga).

7. Bergaul Dengan Pembohong / penipu Profesional Untuk merasakan bagaimana rasanya tidak enak dibohongi kita harus jadi korban dikibuli, ditipu, dikadali, dibohongi, dipecundangi, dipermalukan, dan lain sebagainya oleh orang yang lebih jago bohong / nipu daripada kita.

Dengan tahu sakit kalau dibohongi maka kita tidak akan melakukan hal itu kepada orang lain.

Orang jahat sekalipun masih membutuhkan orang yang jujur untuk menjaga assetnya.



Poskan Komentar