do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 09 Oktober 2012

hakikat sukses


Bila ingin mencapai sesuatu, katakanlah kita ingin maju, sukses dan berhasil dalam hidup, tentu kita punya kiat-kiat untuk menggapainya. Dalam buku “Unlimited Power” (Kuasa Tak Terbatas) oleh Anthony Robbins ada tujuh hal yang diperlukan untuk dapat meraih sukses itu, yartu: 

Pertama, Gairah. Ini adalah langkah pertama untuk membangkitkan semangat yang berkobar dalam jiwa, sehingga timbul hasrat yang besar untuk meraih sukses tersebut. Hal ini mengingatkan kita akan firman Allah SWT: “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap ” (QS. Alam Nasyrah: 7-8).

Kedua, Percaya Diri. Orang sukses itu mengetahui apa yang mereka inginkan, dan percaya bahwa mereka bisa mendapatkannya. Percaya dalam hal ini adalah kebulatan tekad yang tertanam dalam hati umat manusia yang dapat dijadikan sebagai motivator, dinamisator, dan generator yaitu menjadi daya dorong. Abu Bakar ash-shiddiq r.a, khulafaurrasyiddin yang sangat mantap kepercayaannya, hingga meraih gelar ash-shiddiq dari Rasulullah SAW.

Ketiga, Strategi. Ini merupakan suatu alat bagi seseorang yang ingin sukses meraih sesuatu. Tidak cukup bergairah dan percaya diri, tetapi juga harus mempunyai strategi yang jitu, sebagai suatu langkah untuk menggapai yang diangankan.

Keempat, Kejelasan nilai. Nilai-nilai inilah alat motivasi yang paling ampuh. Kalau kita ingin mengubah suatu kebiasaan buruk, perubahannya bisa dibuat sangat cepat kalau kita kaitkan perubahan tersebut dengan nilai-nilai yang tinggi. 


Kelima, Energi. Inilah daya (kekuatan) yang harus dimiliki. Jika kita ingin memperoleh kesuksesan di berbagai aspek kehidupan. energi bisa menjadi vitalitas untuk mengambil tindakan atas apa yang ingin dicapai.

Keenam, Mampu menjalin hubungan. Apabila kita mampu menjalin hubungan yang harmonis, maka kita akan mempunyai banyak teman, saling bantu membantu satu dengan yang lain. Memang manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian tanpa orang lain.

Ketujuh, Penguasaan Komunikasi. Di dalam Al Qur’an ada doa, seperti berikut ini: “….. Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS.Thaahaa: 25-28).

Semua yang diuraikan di atas adalah merupakan langkah-langkah atau proses untuk menjadi orang sukses. Apabila langkah-langkah tersebut dilakukan seseorang secara konsisten dan konsekuen dengan tidak melupakan komitmennya secara murni, maka kesuksesan akan berpihak kepadanya.



Posting Komentar