do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Minggu, 21 Oktober 2012

hidup tenang dan sabar


Sabar berasal dari kata Shobaro artinya menanggung atau menahan sesuatu, artinya kekuatan dalam menghadapi masalah kehidupan 
Kesabaran menurut hadist dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu kesabaran dalam menghadapi musibah,kesabaran dalam menaati perintah Allah SWT, dan kesabaran untuk menghindari maksiat.

Mengapa kita harus tetap bersabar ?. Sedikitnya ada 5 hikmah dari bersabar :
1. Cobaan adalah fitrah dari penciptaan manusia
2. Cobaan sebagai proses penyaringan antara orang yang baik dengan orang yang buruk
3. Cobaan merupakan ujian keamanan
4. CObaan adalah syarat untuk bisa masuk Jannah
5. Cobaan merupakan kenaikan pangkat serta peningkatan derajat di kalangan mujahid
Sesungguhnya cobaan dan ujian itu datang bukan untuk menyakiti, melainkan karena kasih sayang allah kepada kita, mengapa demikian karena ujian dan cobaan itu tidak akan melebihi takaran kesanggupan kita.
Tidak ada kerugian sama sekali bagi manusia yang sabar. ingatlah, bahwa matahari akan bersinar lagi setelah ada mendung.
Allah memerintahkan kepada orang beriman agar menjadikan sabar dan sholat sebagai penolong atau mintalah pertolongan ALlah dengan sabar dan sholat.
Usahakan sholat anda khusu, ini beberapa kiat mencapai khusu :
1. Kosongkan hati dari berbagai pikiran 
2. Usahakan memahami makna bacaan sholat
3. Agungkan Allah SWT dengan mengenal kebesaranNYA dan kedahsyatanNya
4. Harapkan Ridho Allah dengan mengingat kasih sayang dan karuniaNYA
Rasullah saw adalah hamba yang paling dicintai Allah dan sosok yang paling banyak dan berat ujiannya. Beliau menjadi pribadi yang Agung dan Mulia. Orang yang saleh mendapat ujian lebih berat dibandingkan manusia biasa.

"Sesungguhnya hanya orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas" ( AzZumar:10)
Ujian berupa kebaikan harus disikapi dengan cara semakin mendekatkan diri pada ALlah,memperbanyak syukur,meningkatkan amal saleh, dan menguatkan kesabaran agar mampu menahan hawa nafsu dan terhindar dari kelalian dan perbuatan maksiat.
Orang yang sabar itu akan selalu keluar sebagai pemenang, sesuai dengan Al Mukminuun:111 "Sesungguhnya aku memberi balasan kepada mereka di hari ini, karena kesabaran mereka,sesungguhnya mereka itulah orang orang yang menang"
Orang yang sabar itu adalah orang yang mampu menahan amarahnya, meski sebenarnya ia mampu untuk membalas atau meluapkan amarah itu. Orang yang sabar adalah orang yang menang melawan hawa nafsunya.
Bukan hal mudah menahan amarah , ini kiat agar amarah dapat terkendali :

1. Berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk bacalah "A'uudzu billahi minasysyaithaanirrojim"
2. Diam sejenak
3. Berwudhu, marah itu setan,setan itu apim api itu padan dengan air
4. Mengubah posisi, dari beridiri ke duduk atau sebaliknya





Posting Komentar