Selasa, 23 Oktober 2012

Syarat-syarat yang diperlukan untuk menjadi seorang pengusaha sukses


Akhir-akhir ini isu tentang kewirausahaan sedang hangat-hangatnya berkembang. Pekerjaan sebagai seorang karyawan sudah dirasakan tidak begitu menarik lagi, karena sekarang banyak orang telah menyadari bahwa jika mereka ingin sukses dan kaya, profesi sebagai seorang pengusaha lebih menjanjikan daripada hanya sebagai orang yang secara rutin menerima gaji bulanan. Lalu syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pengusaha yang hebat? Berikut ini adalah sejumlah uraian tentang syarat-syarat yang diperlukan tersebut.

a. Inisiatif. Seorang pengusaha mempunyai inisiatif mandiri untuk memanfaatkan segala macam sumber daya, yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia, dan lain sebagainya, untuk menghasilkan sesuatu barang atau jasa yang nantinya akan menghasilkan keuntungan finansial.
b. Kemampuan membuat keputusan. Seorang pengusaha harus mempunyai kemampuan untuk membuat keputusan sehubungan dengan segala macam sumber daya yang dimilikinya agar kombinasi sumber daya tersebut bisa menghasilkan keuntungan maksimal. Misalnya persoalan tentang jenis barang yang diproduksi, strategi pemasaran, penentuan posisi personel dalam manajemen, penentuan manajeman finansial, dan lain sebagainya.
c. Inovatif. Seorang pengusaha harus mempunyai pemikiran yang inovatif untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru yang memungkinkannya bertahan dalam persaingan bisnis yang ketat. Seperti misalnya mengembangkan produk baru atau menemukan cara-cara baru dalam memproduksi barang dengan biaya yang rendah. Tanpa inovasi yang berkelanjutan, akan sangat sulit untuk terus bertahan dan bersaing dengan pengusaha lain.

d. Keberanian dalam mengambil risiko. Seorang pengusaha adalah seorang pengambil risiko yang diperhitungkan. Mengambil risiko dalam bisnis membutuhkan banyak keberanian. Jika anda tidak mempunyai mental yang kuat untuk berani mengambil risiko, anda tidak akan bertahan lama menjadi pengusaha. Pengambilan risiko akan memberi anda pengalaman dan pembelajaran yang dibutuhkan agar anda bisa berkembang semakin maju dan semakin sukses. Namun, mengambil risiko harus tetap diperhitungkan sesuai dengan situasi dan kondisi serta kekuatan dan kelemahan yang anda miliki. Bukan keberanian yang membabi buta.

Secara teori memang mudah untuk menjadi pengusaha, namun pada prakteknya, hanya segelintir orang yang benar-benar sukses menjadi seorang pengusaha sejati. Semoga saja anda termasuk ke dalam kategori pengusaha sejati yang bermental juara. Amin.



Poskan Komentar