do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 27 September 2013

Cara Pilih Kata Kunci (Keyword) di Internet untuk Bisnis Anda

Pertama-tama kita perlu mengetahui perbedaan 2 jenis keywordsatau kata kunci yang paling utama yang perlu diketahui oleh pebisnis online yang ingin situs bisnis mereka lebih dikenal dan muncul di peringkat mesin pencari Google.
Apa itu kata kunci (keyword) jenisshort taildanlong tail? Dapat didefinisikan secara singkat bahwashort-tail keywordadalah satu atau dua kata (sebuah frase) yang menjadi istilah (terminologi) umum yang banyak dipakai orang untuk mencari di Internet. Popularitas volumenya amat tinggi. Contohshort-tail keywordialah kata laptop, games online, mobil second, dan sebagainya.
Sementara itu,long tail keywordsadalah kata-kata kunci yang jumlahnya 2 atau lebih, bersifat lebih spesifik untuk kategori tertentu. Contoh yang mudah ditemui ialah bengkel Jakarta (karena spesifik untuk bengkel yang berlokasi di ibukota Jakarta), bagaimana menjadi entrepreneur online, dan lain-lain.
Kini Anda perlu belajar menggunakan Google Adwords Keyword Tools. Kunjungi www.adwords.google.com untuk menggunakannya secara cuma-cuma setelah memiliki akun Google. Ketikkan kata kunci yang sedang Anda ingin ketahui tingkat efektivitasnya. Saat hasilnya keluar, lakukan pengubahan match types atau jenis kecocokan dari broad (luas) menjadi exact (pasti). Hasilnya akan menunjukkan competition (tingkat persaingan untuk kata kunci tersebut), Global Monthly Searches dan Local Monthly Searches. Jika Anda ingin bisnis Anda menjangkau ke komunitas lokal, ada baiknya Anda lebih berfokus pada penjangkauan potensi Local Monthly Searches daripada Global Monthly Searches. Tak hanya itu, di bawah hasil akan disajikan pula keyword ideas yang dapat Anda ambil sebagai ide kata kunci berikutnya yang ingin Anda bidik dan masih memiliki relevansi dengan kata kunci yang diketikkan di atasnya. Anda akan dapat mengetahui tingkat persaingan untuk tiap kata kunci. Intinya, Anda harus memilih untuk bersaing dalam kata kunci yang memiliki keterkaitan dengan tema situs bisnis Anda. Masalahnya jika pengunjung situs bisnis Anda datang karena kata kunci yang tidak relevan dengan tema bisnis Anda, mereka cenderung akan keluar dengan cepat (bounce ratesitus Anda akan tinggi). Akibatnya, peringkat situs bisnis Anda akan lebih rendah dibanding pesaing di halaman pencarian Google.
Anda jangan lupa untuk membandingkan kata kunci yang buruk dan baik. Kata kunci yang buruk adalah yang terlalu tinggi tingkat persaingannya sehingga Anda akan lebih sulit mencapai peringkat teratas di halaman hasil pencarian Google. Akan tetapi, ini bersifat subjektif dan bergantung pada banyak faktor seperti jenis bisnis Anda. Jika Anda berusaha menjual produk secara nasional ke usaha yang lebih besar, dan Anda ingin memberikantag, pilihshort tail keyworddanlong tail keyword.(*Akhlis)
Posting Komentar