do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 27 September 2013

4 Tanda Konsultan SEO Bisnis Anda Tidak Kompeten

Para pemilik bisnis online kini banyak mencari konsultan SEO untuk usahanya agar situs bisnisnya memiliki peringkat mesin pencari yang lebih tinggi dan online marketing mereka lebih baik. Namun, waspadalah karena tidak semua orang yang mengaku konsultan SEO itu memiliki kompetensi yang mereka katakan.
Jika Anda tengah mencari konsultan SEO, perhatikan poin-poin berikut ini untuk menghindari para konsultan SEO yang kurang memenuhi syarat.
  1. Waspada jika menjanjikan hasil bombastis dalam waktu singkat: Mesin pencari adalah software yang rumit sekali, dan makin lama kompleksitas itu makin tinggi. Siapapun yang mengklaim dirinya pakar SEO dan menjanjikan peringkat pertama di halaman hasil pencarian Google untuk kata kunci yang sangat tinggi tingkat persaingannya (baca artikel pemilihan kata kunci untuk bisnis) dalam periode kurang dari 1 bulan mungkin hanya orang yang sedang menawari janji palsu pada Anda. Ada metode-metode yang dapat diandalkan yang digunakan pakar SEO yang berkompeten untuk menaikkan peringkat namun mereka lebih banyak menggunakan metode link building yang jujur dan konten yang dioptimasi dengan baik tetapi tidak mengecewakan pembaca (karena terlalu penuh kata kunci yang terkesan dipaksakan).
  2. Memiliki banyak trik untuk mencurangi Google: Anda perlu curiga jika konsultan SEO Anda mengatakan ia memiliki metode rahasia yang ampuh untuk mengakali algoritme Google. Meskipun bisa jadi itu benar, kecurangan itu akan ditemukan Google pada akhirnya dan hasil yang diperoleh dengan curang itu akan sia-sia belaka. Jangan gunakan cara curang jika ingin hasil memuaskan dalam jangka panjang. Hindarilah pakar SEO yang curang ini. Hal ini sering disebut sebagai black hat SEO.
  3. Tarifnya terlalu murah: Hasil SEO terbaik diperoleh dari proses yang memakan begitu banyak tenaga, pikiran dan waktu. Jika konsultan SEO Anda mengatakan mau melakukan audit penuh SEO situs bisnis Anda hanya dengan tarif 50 dollar, bisa jadi itu bohong. Menurut Randfish dari Seomoz.org, kisaran normal jasa konsultan SEO yang kompeten tidak murah, yakni 76-200 dollar AS/ jam. Jika dibayar berdasar proyek, tarifnya 1000-7500 dollar. Tak mampu membayar jasa mereka? Lakukan sendiri dengan belajar dari berbagai ebook yang lebih murah.
  4. Menawarkan script/ dokumen rahasia untuk genjot SEO: Di berbagai forum dan blog, mungkin Anda temukan tawaran seperti itu. Harga script atau dokumen ini murah sekali. Namun, jangan mudah percaya karena jika memang seampuh itu, mereka akan gunakan sendiri atau mereka gunakan untuk klien mereka yang mampu membayar lebih tinggi dari Anda.
Intinya, Anda harus mengetahui bahwa kampanye SEO bukanlah upaya yang semudah mengayunkan tongkat ajaib. Dan tidak semua orang mau dan bersabar melakukannya. Karenanya, sebelum Anda terjebak dengan konsultan SEO gadungan atau yang kurang profesional, selalu ingat poin-poin di atas. (*Akhlis)
Posting Komentar