do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 26 September 2013

Kiat Memasarkan Produk Bisnis Lewat You Tube

Sekarang ini sudah banyak orang yang mengecap ketenaran lewat YouTube. Sebut saja penyanyi Justin Bieber, Lady Gaga, ataupun dari negeri sendiri seperti duet Audrey-Gamaliel dan video klip lip-sync Shinta-Jojo. Namun sebenarnya tak hanya ketenaran selebritas saja yang bisa dipromosikan lewat YouTube, karena bisnis Anda pun dapat menggunakan YouTube sebagai sarana promosi.
Di website gratis ini Anda dapat mengunggah video yang kemudian akan dilihat orang banyak dari seluruh dunia. Kalau video Anda ditonton oleh banyak orang, maka bisnis Anda akan ikut terkenal. YouTube memungkinkan Anda untuk memberikan deskripsi pada setiap videonya, bisa alamat website atau yang lain. Nah lalu apa yang harus diunggah Video apa
Anda bisa mengunggah video tentang usaha Anda. Misalnya jika Anda pengusaha warung makan sea food, Anda dapat mengunggah video cara memasak kerang yang enak. Jika Anda pengusaha EO (Event Organizer), Anda dapat mengunggah rekaman acara yang telah Anda selenggarakan, mulai dari penontonnya/pesertanya, hingga dekorasi ruangan, dan sebagainya.
Rekaman video promosi di YouTube sebaiknya jangan langsung hardselling atau promosi terang-terangan. Anda dapat berpromosi lewat video yang memberikan solusi dan bantuan yang dibutuhkan orang, misalnya video cara memasak kerang tadi. Nah, baru di akhir video tersebut Anda masukan alamat website Anda atau nomor telepon usaha Anda.
Keuntungan berpromosi lewat YouTube adalah bahwa efeknya mirip iklan di televisi. Seperti kita ketahui, iklan televisi muncul dalam bentuk gambar bergerak serta suara. Artinya panca indera audiens-nya pun ikut aktif menyimak, tidak hanya mata, namun juga telinga. Menyimak iklan dari YouTube tentu lebih menghibur ketimbang misalnya melihat atau membaca artikel dan teks. Menyimak video tidak perlu konsentrasi terlalu tinggi, bisa dilakukan sambil bersantai, namun lebih memancing orang untuk berimajinasi, dan efeknya pun lebih memengaruhi si penyimak.
Jika Anda pengusaha kecil yang tidak mampu beriklan di televisi, untuk menciptakan efek iklan yang setara dengan TV, beriklanlah di YouTube. Cara ini gratis dan efeknya besar. Jika Anda tidak tahu caranya, Anda juga bisa mencarinya di YouTube. Ada banyak tips dan tutorial cara beriklan di YouTube. Selamat mencoba! (bn/dari berbagai sumber)
Posting Komentar