do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 26 September 2013

Lima Resep Berbisnis Online di Facebook

perkembangan yang signifikan. Tak sedikit orang yang meraup keuntungan melimpah dari bisnis yang dijalankan melalui dunia maya ini.
Salah seorang investor Facebook, Roger McNamee, juga menggunakan media sosial yang ia tanamkan investasi untuk meraih keuntungan lain. McNamee menggunakan Facebook untuk memperkenalkan band-nya yang bernama Moonalice. Band fanpage milik McNamee memiliki 50.000 pengikut pada musim panas tahun lalu dan sekarang meningkat berkali-kali lipat menjadi 220.000.
McNamee mengatakan, sebagaimana dilansir dari Okezone, Facebook sangat bagus untuk dijadikan alat promosi merek dagang atau jasa yang baru diluncurkan. Sedangkan Twitter, bagus untuk menjaga hubungan yang harmonis dengan para klien dan untuk memberikan informasi terbaru tentang produk secara cepat.
Nah, berikut lima resep dari McNamee yang bisa digunakan untuk menggaet sebanyak-banyaknya konsumen melalui Facebook.
1. Posting sebanyak-banyaknya
McNamee mengatakan, dalam sehari ia mem-posting 10 sampai 20 kali. Ia meyakini ini tidak akan membuat orang-orang merasa dibombardir jika yang hal yang di-posting bukanlah hal-hal yang bersifat spam. "Jangan menggunakan penelitian, informasi atau data membosankan dari media lain," kata McNamee. Ia percaya dari keduapuluh posting-an yang ditulis hanya lima persen orang yang melihat semuanya.
2. Berani ambil risiko
Band Moonalice tak ada hubungannya dengan hewan-hewan lucu, namun mereka menggunakan foto-foto hewan menggemaskan seperti bayi panda di dalam postingan fanpage Facebook Moonalice. McNamee mengklaim sebagian besar dari fansnya menyukai posting-an seperti itu.
3. Gunakan iklan Facebook
McNamee menggunakan banyak iklan Facebook untuk memasarkan album-album dari band-nya. Kocek yang ia keluarkan juga bermacam-macam, sesuai klasifikasi iklan. Mulai dari yang gratis hingga seharga USD7 ribu. Ini dilakukannya untuk memperluas jaringan fans yang sudah ada.
4. Komunikatif
Facebook tak diciptakan sebagai media sosial komunikasi satu arah. Maka bangunlah percakapan yang hangat dan tidak membuat kesan arogan.
5. Jangan membosankan
Berbeda denga media-media konvensional, Facebook kebanyakan dipenuhi dengan berita-berita menarik. Maka jadilah menarik. "Jangan hanya diam dan duduk saja. Ingat, Facebook seharusnya bisa membuat hubungan jadi menyenangkan," pungkas McNamee. (as)
Posting Komentar