do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 26 September 2013

4 Tips Sukses Berjualan Secara Online

Kemajuan teknologi internet memang membawa banyak perubahan. Tak terkecuali perubahan cara berbisnis, dalam hal ini berjualan dan berbelanja. Kalau dahulu untuk berjualan Anda harus memiliki setidaknya kios kecil, kini kios tersebut dapat Anda miliki secara virtual di dunia maya. Namun, karena semua orang kini dapat mengakses internet dan otomatis mengakses berbagai macam kios bahkan pasar, hal tersebut juga membuat persaingan semakin tajam.
Nah, simak empat tip berikut ini agar Anda dapat sukses berbisnis via kios online yang Anda miliki, dikutip dari situs www.readersdigest.com
Perhatikan musim. Coba amati, setiap hari raya Idul Adha tumbuh bak jamur para pedagang hewan kurban. Mereka ada yang memang dari sononya pedagang hewan, namun lebih banyak lagi yang berstatus pedagang dadakan. Atau saat Natal, mendadak ada saja teman yang tahu-tahu punya toko kue dan menyediakan berbagai kue untuk hidangan khas Natal. Memanfaatkan musim atau momen tertentu merupakan salah satu peluang cerdas untuk sukses dalam berjualan online dan non online. Itu sebabnya dari jauh-jauh hari Anda harus sudah bisa memprediksi dan mempersiapkan jenis barang yang hendak dijual. Buatlah rencana setahun, lalu cari tahu ada momen apa saja di sepanjang tahun, dan carilah barang yang kiranya pas untuk dijual sesuai momen.
Perbanyak jenis barang. Ini adalah permainan statistik. Semakin banyak jenis barang yang Anda tawarkan, semakin besar kemungkinan barang akan terjual. Probabilitas 100 jenis barang terjual, lebih besar ketimbang hanya 50 jenis barang. Dikombinasikan dengan musim, hal ini akan sangat manjur mendongkrak kesuksesan berjualan online Anda.
Strategi harga. Berikan harga yang fair dan kompetitif. Maksudnya, tidak saja barang-barang yang Anda jual memiliki kualitas tinggi, terdeskripsikan dengan baik serta didukung foto-foto yang detil lengkap dengan pembanding ukuran, tapi juga harus didukung dengan harga yang tepat agar Anda sukses berjualan online. Untuk itu Anda wajib melakukan riset untuk membandingkan harga. Anda tentu tak perlu menjadi yang termurah, tapi yang terpenting pembeli harus teryakinkan bahwa pelayanan Anda sempurna dengan kualitas yang terjaga.
Sentuhan pribadi. Apa yang membuat Anda nyaman berbelanja di toko A ketimbang di toko B, padahal harganya sama? Apakah suasana? Pelayanannya? Bila iya, hal itu berkaitan dengan apa yang disebut dengan sentuhan pribadi. Sama dengan kios nyata, kios virtual juga dapat menyajikan sentuhan pribadi untuk memberikan pelayanan lebih kepada pelanggan agar sukses berjualan online. Misalnya, Anda dapat memberikan kemasan yang baik dan aman ketimbang hanya membungkus barang yang dipesan pelanggan ala kadarnya. Sertakan juga kartu ucapan terima kasih telah menjadi pelanggan, atau bahkan rajin mengirim kartu ucapan selamat ulang tahun dalam bentuk e-card sekalipun, akan membuat kios virtual Anda semakin dekat di hati pelanggan. Anda juga dapat meletakkan dua kartu nama satu untuk disimpan pelanggan, satu untuk pelanggan berikan kepada teman mereka. Usahakan sentuhan pribadi ini tetap dalam bujet yang minim, tapi memiliki impact kuat bagi pelanggan. (bn)

Tidak ada komentar: