Kemajuan teknologi internet memang membawa banyak perubahan. Tak 
terkecuali perubahan cara berbisnis, dalam hal ini berjualan dan 
berbelanja. Kalau dahulu untuk berjualan Anda harus memiliki setidaknya 
kios kecil, kini kios tersebut dapat Anda miliki secara virtual di dunia
 maya. Namun, karena semua orang kini dapat mengakses internet dan 
otomatis mengakses berbagai macam kios bahkan pasar, hal tersebut juga 
membuat persaingan semakin tajam.
Nah, simak empat tip berikut ini
 agar Anda dapat sukses berbisnis via kios online yang Anda miliki, 
dikutip dari situs www.readersdigest.com
Perhatikan musim.
 Coba amati, setiap hari raya Idul Adha tumbuh bak jamur para pedagang 
hewan kurban. Mereka ada yang memang dari sononya pedagang hewan, namun 
lebih banyak lagi yang berstatus pedagang dadakan. Atau saat Natal, 
mendadak ada saja teman yang tahu-tahu punya toko kue dan menyediakan 
berbagai kue untuk hidangan khas Natal. Memanfaatkan musim atau momen 
tertentu merupakan salah satu peluang cerdas untuk sukses dalam 
berjualan online  dan non online. Itu sebabnya dari jauh-jauh hari Anda 
harus sudah bisa memprediksi dan mempersiapkan jenis barang yang hendak 
dijual. Buatlah rencana setahun, lalu cari tahu ada momen apa saja di 
sepanjang tahun, dan carilah barang yang kiranya pas untuk dijual sesuai
 momen.
Perbanyak jenis barang. Ini adalah 
permainan statistik. Semakin banyak jenis barang yang Anda tawarkan, 
semakin besar kemungkinan barang akan terjual. Probabilitas 100 jenis 
barang terjual, lebih besar ketimbang hanya 50 jenis barang. 
Dikombinasikan dengan musim, hal ini akan sangat manjur mendongkrak 
kesuksesan berjualan online Anda.
Strategi harga.
 Berikan harga yang fair dan kompetitif. Maksudnya, tidak saja 
barang-barang yang Anda jual memiliki kualitas tinggi, terdeskripsikan 
dengan baik serta didukung foto-foto yang detil  lengkap dengan 
pembanding ukuran, tapi juga harus didukung dengan harga yang tepat agar
 Anda sukses berjualan online. Untuk itu Anda wajib melakukan riset 
untuk membandingkan harga. Anda tentu tak perlu menjadi yang termurah, 
tapi yang terpenting pembeli harus teryakinkan bahwa pelayanan Anda 
sempurna dengan kualitas yang terjaga.
Sentuhan pribadi.
 Apa yang membuat Anda nyaman berbelanja di toko A ketimbang di toko B, 
padahal harganya sama? Apakah suasana? Pelayanannya? Bila iya, hal itu 
berkaitan dengan apa yang disebut dengan sentuhan pribadi. Sama dengan 
kios nyata, kios virtual juga dapat menyajikan sentuhan pribadi untuk 
memberikan pelayanan lebih kepada pelanggan agar sukses berjualan 
online. Misalnya, Anda dapat memberikan kemasan yang baik dan aman 
ketimbang hanya membungkus barang yang dipesan pelanggan ala kadarnya. 
Sertakan juga kartu ucapan terima kasih telah menjadi pelanggan, atau 
bahkan rajin mengirim kartu ucapan selamat ulang tahun  dalam bentuk 
e-card sekalipun, akan membuat kios virtual Anda semakin dekat di hati 
pelanggan. Anda juga dapat meletakkan dua kartu nama  satu untuk 
disimpan pelanggan, satu untuk pelanggan berikan kepada teman mereka. 
Usahakan sentuhan pribadi ini tetap dalam bujet yang minim, tapi 
memiliki impact kuat bagi pelanggan. (bn)
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar