do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 26 September 2013

Inilah Lima Produk yang Paling Dicari dalam Bisnis Online

Menentukan jenis produk adalah langkah paling awal yang perlu Anda lakukan saat merintis sebuah bisnis online. Penting bagi Anda untuk dapat memperhitungkan segala aspek saat memilih produk agar bisnis Anda memiliki prospek yang baik. Memilih produk tanpa mengetahui kondisi pasar akan mengakibatkan bisnis Anda sulit mencapai kesuksesan.
Banyak tips atau panduan yang bisa Anda terapkan saat memilih produk untuk dijual online. Poin terpenting yang perlu Anda ketahui adalah jenis-jenis barang apa saja yang paling diminati oleh para pembeli online. Dengan mengetahui minat konsumen online, Anda dapat mendagangkan produk yang diperkirakan dapat mendatangkan profit signifikan. Riset yang dilakukan oleh The Nielsen Company menyimpulkan 5 jenis produk yang paling dicari konsumen dalam bisnis online.
Buku
Buku adalah produk terpopuler yang sering dicari konsumen saat berbelanja online. Alasan mengapa buku memiliki angka permintaan paling tinggi adalah karena keterbatasan wilayah yang dimiliki sebuah penerbit di satu negara. Ketika berbelanja secara offline, penduduk di satu negara hanya dapat membeli buku dari penerbit lokal. Hal ini tentu saja menimbulkan problem keterbatasan referensi atau resources saat pembeli membutuhkan buku yang diproduksi di negara lain. Berbelanja secara online mematahkan batasan referensi tersebut. Siapapun bisa membeli buku yang diproduksi oleh penerbit manapun di dunia, yaitu dengan transaksi online.
Produk Fesyen
Produk fesyen menempati urutan kedua dalam produk terpopuler yang dijual online. Pakaian, sepatu, tas, dan aksesori adalah contoh-contoh produk fesyen yang diminati konsumen. Selera masyarakat yang beragam akan produk fesyen membuat konsumen tidak puas dengan apa yang ditawarkan oleh penjual produk fesyen yang ada di negaranya. Dengan berbelanja secara online, pembeli dapat mencari berbagai macam koleksi produk fesyen dari merek-merek internasional.
Video Game
Negara-negara maju di Eropa, Amerika, dan beberapa negara Asia memonopoli pasar video game beserta perangkatnya. Pasalnya, peminat video game tersebar hingga ke negara-negara berkembang. Agar bisa mendapatkan produk video game terbaru yang diproduksi oleh perusahaan internasional, para gamer pun berbelanja secara online.
Video game juga merupakan incaran para reseller di pasar lokal. Mereka menjalin kerja sama dengan distributor dan pemasok atau importir video game untuk dijual kembali di negara mereka. Inilah penyebab tingginya permintaan terhadap video game beserta perangkatnya.
Perangkat Elektronik
Terpaut satu persen dari video game, perangkat elektronik menempati urutan keempat dalam daftar produk terpopuler di bisnis online. Perangkat elektronik ini mencakup kamera, televisi, ponsel, gadget, dan aksesori ponsel. Banyak penjual online yang berkolaborasi dengan importir atau dealer sebuah merek barang elektronik sebab permintaan konsumen terhadap perangkat ini sangat tinggi. Terlepas dari apakah perangkat elektronik tersebut imitasi atau orisinil, tingginya permintaan terhadap produk elektronik dipengaruhi oleh kondisi membludaknya pengguna smartphone dan gadget di era digital.
Perangkat Komputer
Produk yang juga tergolong populer diminati konsumen online adalah perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras mencakup komputer jinjing, tablet, dan barang pelengkap personal computer. Sementara perangkat lunak mencakup software dan applications. (bn)

Tidak ada komentar: