do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

3 Kiat Tingkatkan Kepekaan Budaya Entrepreneur

Globalisasi memberikan ekspektasi bahwa para pebisnis berkolaborasi dan membangun jaringan bisnis dengan sesamanya dari berbagai negara di dunia. Namun, mayoritas orang tidak diedukasi untuk bekerja dengan orang lain yang secara budaya berlainan dari mereka. Bangunlah kepekaan budaya dengan 3 kiat berikut ini:
1. Bergabunglah dengan tim internasional: Jika Anda belum bekerja dengan sebuah tim yang di dalamnya terdiri dari warga berbagai kebangsaan dan budaya yang berlainan dari milik Anda.

2. Ajak kolega asing makan siang: Mintalah kolega dari negara lain menerangkan bagaimana kepercayaan dapat diperoleh dalam konteks budaya mereka atau apa yang budayanya sangat hargai dalam diri seorang pemimpin bisnis/ entrepreneur.

3. Berlibur (bukan sebagai turis): Menerjunkan diri Anda dalam budaya yang berbeda akan memberikan semacam pandangan terhadap berbagai cara baru bekerja di sana. Hindari mengunjungi objek-objek wisata khas turis yang tidak akan memberikan Anda banyak pengetahuan praktis mengenai budaya masa kini dalam masyarakat tersebut. Alih-alih, banyaklah kunjungi orang dan pebisnis lokal sesering mungkin. Tidak harus membicarakan isu-isu bisnis yang serius tetapi sekadar mengobrol santai pun sudah cukup memberikan Anda gambaran riil mengenai budaya masyarakat tersebut. (HBR/ *Akhlis)
Posting Komentar