do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Kedisiplinan Jadi Modal Utama Berbisnis

Apakah Anda termasuk orang yang takut memulai berbisnis? Jika iya, sebaiknya buang jauh-jauh perasaan itu. Memang, bagi seorang entrepreneur pemula, faktor modal dan pengelolaan keuangan kerap menjadi kendala utama untuk memulai suatu usaha.

Namun, faktor kedisiplinan juga menjadi modal utama. Persoalan modal sudah bukan lagi menjadi kekhawatiran utama untuk memulai usaha. Orang yang tidak punya modal sudah bisa mulai usaha sekarang. Modal bisa didapatkan melalui pinjaman dari pihak perbankan atau mengandeng investor.

Persoalan modal jangan dijadikan alasan untuk memulai usaha. Sebaiknya buang jauh-jauh perasaan itu. Saat ini ada banyak cara untuk mulai usaha. Salah satu bentuk usaha yang bisa dipilih bagi para pemula adalah bisnis dalam bentuk franchise atau kemitraan.

Faktor minat menjadi hal yang terpenting bagi mereka yang akan memulai bisnis melalui franchise. Setelah itu, manajemen pengelolaan keuangan menjadi hal yang harus diperhatikan. Sebab, biasanya pada tahun pertama memulai bisnis, para pemula sering mengalami kerugian. Hal itu biasanya disebabkan oleh tidak disiplinnya pengelolaan keuangan. Untuk itu, sebaiknya rekening pribadi dan perusahaan dibuat terpisah.

Namun, yang terpenting bagi mereka yang baru memulai bisnis, adalah pencatatan keuangan yang harus terus dipantau. (*/dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar: