do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Kiat Sukses Merintis Bisnis

Era pasar bebas di Indonesia membuat semua orang bisa bebas keluar masuk negara ini untuk mencari keuntungan. Namun, efek yang mengkhawatirkan adalah peluang kerja yang semakin sempit jika kita tidak memiliki keahlian apapun. Tidak perlu khawatir, jangan dulu berkecil hati, karena masih banyak peluang usaha yang bisa menjamin, salah satunya dengan jalan wirausaha.

Untuk sebagian orang memulai bisnis sendiri adalah hal yang sulit dan menakutkan. Belum-belum sudah stres, karena memikirkan apa yang akan dijadikan bidang usaha dan bagaimana pengelolaannya.

Sebenarnya memulai bisnis sendiri bukanlah hal yang menakutkan dan sulit jika Anda mengetahui seluk beluk dan trik untuk menjalaninya. Bahkan jika Anda benar-benar bekerja keras bukan tidak mungkin nantinya mendapatkan sukses besar.

Berikut beberapa kiat yang bisa dilakukan saat merintis bisnis: 

1. Sebelum memulai, tulis rencana bisnis terlebih dahulu. Meliputi perencanaan keuangan, lokasi, pangsa pasar dan lainnya. Ini akan membantu menghindari membengkaknya hutang saat bisnis berjalan. Perencanaan bisnis juga dapat membantu Anda dalam melakukan riset untuk bisnis yang akan dijalankan. Jika perlu jangan malu untuk bergabung dengan asosiasi wirausaha yang saat ini banyak berkembang.

2. Pikirkan apa yang akan Anda jual ke konsumen. Pilihlah hal yang disukai, walaupun hal itu bersifat konvensional namun jika Anda kreatif , cepat tanggap dan 'lentur' dalam menyesuaikan keinginan pasar, Anda tak perlu takut kehilangan konsumen. Karena jika Anda menikmati bukan saja hal tersebut bisa mendatangkan uang, tapi juga membawa kebahagian untuk Anda sendiri.

3. Mulailah bisnis saat Anda masih bekerja. Saat itu Anda masih mempunyai simpanan uang yang bisa dikelola menjadi besar. Jika merugi Anda masih bisa menghidupi diri sendiri.

4. Ajaklah seseorang yang bisa dipercaya untuk menjadi mitra bisnis Anda. Bisa dari keluarga ataupun teman. Dibutuhkan keterbukaan yang sangat ekstra dalam hal ini, karena jika tidak Anda yang akan merugi.

5. Banyak belajar. Jangan cepet puas dengan pengetahuan yang dimiliki sekarang. Justru kegagalan dari bisnis pribadi itu disebabkab oleh kurangnya pengetahuan dalam menjalankannya. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk memperdalam pengetahuan. Misalnya dengan mengikuti keanggotaan wirausaha, banyak membaca buku mengenai kiat dan profil orang-orang yang sukses berwirausaha, hingga meminta bantuan kepada professional.

6. Sejak awal berbisnis, Anda harus komenitmen dengan apa yang sudah dimulai. Caranya adalah dengan menjadi profesional dalam berbisnis. Misalnya membedakan alamat email kantor atau pribadi dengan alamat email untuk berbisnis. Jika Anda memilih usaha di rumah, persiapkan satu tempat khusus untuk mengelola bisnis. Termasuk memperlakukan para pegawai secara profesional juga.

7. Saat berbisnis pintar-pintarlah untuk mendapatkan uang tambahan dari berbagai investor. Untuk itu Anda dituntut untuk cerdas dalam segala hal. Selain itu gunakanlah uang untuk membayar semua kewajiban, diantaranya pajak, gaji karyawan, asuransi, registrasi, dan lain-lain.
Posting Komentar