do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Rabu, 30 Oktober 2013

Pentingnya Kesiapan Mental Saat Memulai Bisnis

Menjadi entrepreneur, susah-susah gampang. Perlu banyak persiapan bagi Anda sebelum memutuskan menjalankan bisnisnya.

Selama ini ada anggapan persiapan modal dalam bentuk uang menjadi faktor utama, namun ternyata ada hal lain yang tidak kalah penting. Setelah selesai menghitung modal uang yang diperlukan, faktor lain yang perlu dipersiapkan adalah kesiapan mental.

Menjadi entrepreneur adalah pilihan hidup. Ada beberapa alasan orang memilih menjadi entrepreneur, seperti persaingan kerja yang semakin ketat, keinginan untuk mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas, kebebasan menentukan nasib sendiri, sikap mental yang lebih mandiri, dan kepuasan ekstra atas keberhasilan atau prestasi.

Tetapi tidak semua usaha menjadi entrepreneur berjalan mulus, ada beberapa tantangan yang sewaktu-waktu harus dihadapi.Tantangan itu antara lain fluktuasi pendapatan, tidak adanya tunjangan kesehatan, bekerja lebih lama dan keras, tanggung jawab besar dengan banyak orang, dan sikap negatif orang lain jika belum sukses.

Mempersiapkan mental diperlukan untuk berbagai halangan yang nantinya pasti akan ditemui di dunia usaha. Ada lima kata kunci yang mutlak dipegang sebagai bekal calon entrepreneur, yakni substansi, integritas, bahasa komunikasi, kemauan, dan keuletan. (*/smallbiz)
Posting Komentar