do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 01 Oktober 2013

3 Kiat Kendalikan Realisasi Rencana Anda

Rencana yang dibuat dengan baik dan dituangkan dengan jelas tidak akan bermakna apa-apa jika tidak dieksekusi secara benar. Namun, kita semua pasti pernah mengalami hambatan dalam realisasi rencana. Entah karena berbagai sebab, rencana itu ditinggalkan tanpa pernah terwujud.

Berikut ialah 3 kiat untuk tetap menjaga pelaksanaan rencana Anda sesuai dengan harapan semula.

1. Buatlah rencana itu menjadi hidup dan bekerja: Pastikan rencana itu spesifik, realistis, dan memiliki tenggat waktu yang jelas. Jangan hanya mengharapkan target yang terlalu jauh daripada yang Anda bisa. Namun demikian, hindari membuat rencana yang terlalu mudah dicapai sehingga kita mudah berpuas diri. Tingkatkan target rencana seiring meningkatnya kemampuan.

2. Tanyakan masalah yang menghadang: Semua rencana memiliki ancaman potensial. Entah rencana itu termasuk motivasi Anda sendiri yang kurang tinggi atau ketidakmampuan staf atau mitra bisnis untuk bekerjasama sesuai harapan awal. Dengan mengetahui semua ancaman ini, dapa disiapkan langkah-langkah pemecahannya.

3. Kembangkan strategi untuk mitigasi tantangan: Pendekatan implementasi Anda harus mengkompensasi atau menanggapi kekuatan lain yang melawan realisasi rencana. Jika ancaman itu membayangi dan terlalu tinggi untuk dicegah, pertimbangkanlah untuk merevisi rencana Anda berdasarkan hal itu. (HBR/ *Akhlis)
Posting Komentar