do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 12 Oktober 2013

Cara Ampuh Atasi Kejenuhan Pasar Bisnis

Pernahkah terpikir di benak Anda bahwa bisnis Anda berada pada sebuah kota kecil berpenduduk 10.000 orang. Lalu Anda sudah menjual produk ke hampir semua orang yang ada di kota. Iya semua orang termasuk anak-anak, orang tua, laki-laki dan perempuan. Artinya Anda telah berhasil menjual 9.900 atau bahkan 10.000 unit di situ. Artinya apa bagi anda? Apakah pasar anda sudah jenuh dan saatnya pindah tempat?
Secara hitungan matematis, iya. Pasar telah habis, dan anda harus berkemas cari kolam baru. Tapi secara bisnis, siapapun tahu kalau itu artinya sebuah prestasi dan Anda tak perlu pindah kota!
Mari kita pelajari beberapa cara sederhana untuk meningkatkan penjualan secara drastis sambil juga menaikkan kesetiaan pelanggan kita.
Buatlah program insentif
Caranya, bikinlah sebuah program pemberian insentif yang menarik, mudah dijangkau dan sederhana untuk tenaga-tenaga marketer Anda. Harapannya, program insentif berupa bonus tambahan yang menarik ini akan membuat anda dan tim penjual Anda bekerja lebih banyak dari biasanya. Program insentif itu seperti bonus penjualan dengan target rendah, liburan, atau apa saja.
Ajarkan untuk menawarkan UpSell
Menawarkan UpSelling (UpSell) adalah penawaran barang atau jasa lain yang terkait atau berhubungan pada setiap pelanggan yang baru saja melakukan pembelian sebuah produk. Misalnya jika anda menjual Bandeng Presto, setiap ada pelanggan yang membeli sekotak bandeng presto anda tawarkan lagi padanya produk sambel botolan yang lezat sebagai pelengkap bandeng presto yang dia beli. Tawarkan sambel botolan dengan harga diskon khusus pada pelanggan yang telah membeli bandeng presto anda. Pastikan, barangatau jasa upsell itu benar-benar diketahui nilai tambah dan manfaatnya bagi pelanggan. Contoh lain juga dapat dilakukan seperti menawarkan diskon 50% untuk semua barang lain setelah pelanggan membeli barang tertentu senilai 100rb, misalnya.
Libatkan pelanggan di dalam program promosi
Orang senang jika diperhatikan dan dianggap penting. Karena itu, libatkan pelanggan dalam program-program promosi yang anda lakukan di masa yang akan datang. Pemberitahuan ini dapat dilakukan setiap ada pelanggan selesai melakukan transaksi.
Misalnya, Bapak/Ibu, untuk menyambut hari Kartini bulan depan, kami mengadakan program diskon 50% bagi pelanggan perempuan. Lebih baik lagi jika anda mempunyai data base pelanggan yang bagus, seperti anda memiliki data nomor telepon dan hal-hal lain tentang pelanggan, maka anda bisa memberitahukan mereka secara pribadi tentang program-program promosi yang anda rencanakan di masa yang akan datang. Misal dengan mengirimkan email, SMS, bahkan surat fisik lewat jasa kurir atau kantor Pos.
Lakukan sentuhan personal ke pelanggan
Sebisa mungkin kenali pelanggan anda yang sudah melakukan repeat order (pembelian ulang). Ya, anda harus membuat perbedaan bagi pelanggan baru dan bukan pelanggan baru sebagai tanda perhatian pada mereka. Inilah mengapa mengumpulkan data pelanggan menjadi penting, sehingga anda bisa mengetahui siapa pelanggan anda, namanya, nomor teleponnya bahkan hari ulang tahunnya. Harus ada perbedaan yang jelas antara pelanggan yang satu dengan yang lainnya. Perbedaan ini untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka. Bagaimana Anda bisa mengharapkan loyalitas pelanggan jika semua pelanggan diperlakukan sebagai seseorang dari jalanan?
Sebutlah nama mereka, berikan hadiah saat ulang tahunnya, berikan harga khusus, atau apa saja yang membuat pelanggan anda merasa diperhatikan dan diperlakukan khusus.
Hargai pelanggan Anda dengan hadiah
Hampir semua perusahaan besar melakukan hal ini. Hebatnya, andapun bisa melakukannya sehingga anda seperti perusahaan besar itu. Berikan hadiah khusus pada pelanggan yang telah membeli pada anda senilai tertentu. Atau dapat juga membuat program seperti bawa 4 orang teman gratis satu orang. Atau Program seperti Makan sesukanya (All You Can Eat) Hanya dengan 20rb atau program-program sistem poin yang rumit yang dapat ditiru dari perusahaan-perusahaan besar. Program customer reward jika dilakukan dengan benar dapat membantu Anda membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan. Mencari pelanggan baru itu baik, tapi itu bukan satu-satunya cara meningkatkan penjualan. Jika bisa menciptakan pelanggan-pelanggan setia yang bersedia membeli produk anda berulang-ulang, itu juga sebuah prestasi tersendiri. (bn/dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar: