Anda seorang wirausaha? Jika iya, komunitas bisnis apa saja yang
sudah Anda ikuti? Kalau sampai sekarang hal ini masih belum menjadi
pertimbangan, sudah saatnya Anda masuk ke komunitas bisnis. Kami
sarankan, jangan hanya satu komunitas, tapi bermacam-ragam komunitas.
Alasannya sangat sederhana, karena bergabung dengan komunitas bisnis
dapat mendorong kemajuan bisnis, memperbanyak relasi, dan mendapatkan
informasi peluang-peluang bisnis terbaru yang berujung pada menebalnya
kocek wirausaha.
Beberapa manfaat dari keterlibatan kita dalam
sebuah komunitas bisnis yakni meluasnya jejaring bisnis. Sebagai
wirausaha dan pebisnis tentunya kesempatan mengenal rekan-rekan pebisnis
lain merupakan peluang yang sayang untuk disia-siakan. Perkenalan
dengan pebisnis lain baik dari bidang sejenis maupun dari bisnis lain
akan memperkaya wawasan bisnis Anda. Pada setiap kesempatan bertemu,
akan ada saja informasi baru yang dapat Anda gunakan dalam memajukan
bisnis.
Pertukaran informasi dalam komunitas adalah suatu yang
biasa. Apalagi jika hubungan antara anggota komunitas semakin dekat,
tidak tertutup kemungkinan terbuka kisi-kisi informasi bisnis yang
sebelumnya tersembunyi dibawah radar bisnis Anda. Bayangkan jika
jejaring relasi bisnis Anda semakin besar, maka berapa banyak informasi
penting yang bisa Anda dapatkan secara percuma.
Bisa saling menolong
Manfaat
lain adalah dalam komunitas bisnis dimana hubungan relasi menjadi lebih
akrab, akan tercipta semangat saling tolong menolong. Memiliki bisnis
sendiri pasti memiliki suka duka yang berhubungan dengan liku-likunya.
Ada saat-saat dimana jawaban atas suatu masalah berada di luar jangkauan
pengalaman pebisnis. Pada saat itu terjadi, keberadaan seorang yang
pernah memiliki masalah serupa akan membantu Anda memberikan
pandangan-pandangan baru untuk memecahkan masalah tersebut.
Komunitas
sendiri secara umum didefinisikan sebagai grup atau kelompok dimana
orang-orang didalamnya saling berinteraksi. Diantara ciri-ciri komunitas
adalah adanya persamaan antara anggotanya, bisa berupa kesamaan dari
sisi lokasi geografis atau bisa juga adanya kesamaan nilai-nilai yang
dianut oleh masing-masing anggotanya. Komunitas bisnis dapat terbentuk
dikarenakan adanya kesamaan nilai, dimana anggotanya yang pebisnis
memiliki kebutuhan untuk saling berinteraksi dengan sesama pebisnis
lain.
Sebelum kehadiran internet, komunitas bisnis biasanya
bersifat lokal dan regional. Namun setelah kehadiran internet dan dengan
semakin murahnya biaya akses internet, saat ini komunitas bisnis online
semakin banyak terbentuk dengan keanggotaan dari daerah dan negara yang
berbeda-beda.
Empat elemen
Dalam komunitas
juga akan terbentuk perasaan komunitas yang menurut studi McMillan dan
Chavis ditemukan adanya 4 elemen perasaan komunitas (sense of
community). Elemen tersebut antara lain: keanggotaan, pengaruh,
integrasi dan pemenuhan kebutuhan, serta berbagi emosi.
Keempat
elemen ini menjadi semacam lem perekat bagi anggota-anggota komunitas
tersebut sehingga suatu komunitas bisa menjadi langgeng walaupun
didalamnya terdapat orang-orang dengan sifat yang heterogen.
Penjelasan
diatas baru mencakup sebagian dari manfaat bergabung dengan komunitas
bisnis. Mungkin sudah saatnya Anda mulai melirik-lirik komunitas mana
yang bisa diikuti. Tidak ada ruginya bukan? (bn/dari berbagai sumber)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar