do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 12 Oktober 2013

Hai Pengusaha, Masuklah ke Berbagai Komunitas Usaha

Anda seorang wirausaha? Jika iya, komunitas bisnis apa saja yang sudah Anda ikuti? Kalau sampai sekarang hal ini masih belum menjadi pertimbangan, sudah saatnya Anda masuk ke komunitas bisnis. Kami sarankan, jangan hanya satu komunitas, tapi bermacam-ragam komunitas. Alasannya sangat sederhana, karena bergabung dengan komunitas bisnis dapat mendorong kemajuan bisnis, memperbanyak relasi, dan mendapatkan informasi peluang-peluang bisnis terbaru yang berujung pada menebalnya kocek wirausaha.
Beberapa manfaat dari keterlibatan kita dalam sebuah komunitas bisnis yakni meluasnya jejaring bisnis. Sebagai wirausaha dan pebisnis tentunya kesempatan mengenal rekan-rekan pebisnis lain merupakan peluang yang sayang untuk disia-siakan. Perkenalan dengan pebisnis lain baik dari bidang sejenis maupun dari bisnis lain akan memperkaya wawasan bisnis Anda. Pada setiap kesempatan bertemu, akan ada saja informasi baru yang dapat Anda gunakan dalam memajukan bisnis.
Pertukaran informasi dalam komunitas adalah suatu yang biasa. Apalagi jika hubungan antara anggota komunitas semakin dekat, tidak tertutup kemungkinan terbuka kisi-kisi informasi bisnis yang sebelumnya tersembunyi dibawah radar bisnis Anda. Bayangkan jika jejaring relasi bisnis Anda semakin besar, maka berapa banyak informasi penting yang bisa Anda dapatkan secara percuma.
Bisa saling menolong
Manfaat lain adalah dalam komunitas bisnis dimana hubungan relasi menjadi lebih akrab, akan tercipta semangat saling tolong menolong. Memiliki bisnis sendiri pasti memiliki suka duka yang berhubungan dengan liku-likunya. Ada saat-saat dimana jawaban atas suatu masalah berada di luar jangkauan pengalaman pebisnis. Pada saat itu terjadi, keberadaan seorang yang pernah memiliki masalah serupa akan membantu Anda memberikan pandangan-pandangan baru untuk memecahkan masalah tersebut.
Komunitas sendiri secara umum didefinisikan sebagai grup atau kelompok dimana orang-orang didalamnya saling berinteraksi. Diantara ciri-ciri komunitas adalah adanya persamaan antara anggotanya, bisa berupa kesamaan dari sisi lokasi geografis atau bisa juga adanya kesamaan nilai-nilai yang dianut oleh masing-masing anggotanya. Komunitas bisnis dapat terbentuk dikarenakan adanya kesamaan nilai, dimana anggotanya yang pebisnis memiliki kebutuhan untuk saling berinteraksi dengan sesama pebisnis lain.
Sebelum kehadiran internet, komunitas bisnis biasanya bersifat lokal dan regional. Namun setelah kehadiran internet dan dengan semakin murahnya biaya akses internet, saat ini komunitas bisnis online semakin banyak terbentuk dengan keanggotaan dari daerah dan negara yang berbeda-beda.
Empat elemen
Dalam komunitas juga akan terbentuk perasaan komunitas yang menurut studi McMillan dan Chavis ditemukan adanya 4 elemen perasaan komunitas (sense of community). Elemen tersebut antara lain: keanggotaan, pengaruh, integrasi dan pemenuhan kebutuhan, serta berbagi emosi.
Keempat elemen ini menjadi semacam lem perekat bagi anggota-anggota komunitas tersebut sehingga suatu komunitas bisa menjadi langgeng walaupun didalamnya terdapat orang-orang dengan sifat yang heterogen.
Penjelasan diatas baru mencakup sebagian dari manfaat bergabung dengan komunitas bisnis. Mungkin sudah saatnya Anda mulai melirik-lirik komunitas mana yang bisa diikuti. Tidak ada ruginya bukan? (bn/dari berbagai sumber)
Posting Komentar