do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Senin, 28 Oktober 2013

Inilah Langkah Menyiapkan Presentasi Bisnis

Sebagai seorang pengusaha, Anda tentunya harus mampu melakukan presentasi dengan baik untuk meyakinkan klien atau calon mitra potensial. Tentunya, diperlukan langkah-langkah khusus untuk menyiapkan. Berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan presentasi agar dapat dimengerti dengan baik:
Pertama, Anda harus tahu dengan pasti topik atau informasi yang ingin Anda sampaikan kepada peserta presentasi. Bicarakan dengan rekan kerja atau orang lain yang terlibat dalam presentasi tersebut supaya tidak terjadi kesalahan.
Setelah itu, cari tahu berapa lama waktu yang diberikan kepada Anda untuk melakukan presentasi. Hal ini supaya Anda bisa mengetahui berapa banyak slide presentasi yang harus Anda persiapkan serta menentukan hal-hal terpenting yang harus dibicarakan. Jika Anda punya waktu yang tak terlalu banyak, Anda harus bisa menentukan topik yang menjadi prioritas paling tinggi.
Pastikan presentasi Anda menyampaikan pesan utama dengan jelas. Anda bisa menuliskan pesan kunci itu di awal, di akhir, atau keduanya untuk makin menekankan bahwa hal itu adalah inti dari presentasi secara keseluruhan.
Buat slide presentasi Anda terlihat menarik tanpa menghilangkan inti pesannya. Slide pertama harus berisi judul presentasi, nama, dan posisi Anda. Buatlah judul yang catchy, mudah dicerna orang, dan hindari terlalu banyak kata atau istilah yang membingungkan. Slide kedua harus bisa memikat perhatian peserta, bisa berupa latar belakang masalah atau awali dengan sesuatu yang lucu, memukau, bahkan kontroversial. Tapi tentunya yang berkaitan dengan topik pembahasan Anda.
Tiap slide sebaiknya berisi sekitar 25-35 kata supaya pesannya tetap sampai dan peserta tidak bingung membacanya. Tambahkan ilustrasi atau kutipan yang bisa membuat presentasi lebih berwarna. (as/dari berbagai sumber)
Posting Komentar