do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 01 Oktober 2013

Pengusaha Harus Mampu Menyusun Skala Prioritas

Setiap orang selalu memiliki impian untuk meraih kesuksesan. Demikian juga pelaku wirausaha, mereka menginginkan bisnis yang dijalankan berkembang dengan cepat. Berbagai cara dilakukan untuk meraih kesuksesan, salah satunya dengan menyusun skala prioritas. Untuk mencapai kesuksesan, seseorang harus dapat mengatur waktunya dan menyusun skala prioritas sebaik mungkin. Namun, hal ini dirasa sulit karena dibutuhkan kedisiplinan yang ekstra. Untuk itu inilah beberapa tips bagi anda agar anda dapat meraih kesuksesan dengan menyusun skala prioritas.
Sebagai warausahawan, sebaiknya anda menentukan mana skala prioritas yang paling tinggi. Kalau ditanya mengenai apa keinginan kita maka, pasti jawabannya akan banyak dan berderet. Namun, sebaiknya pilihlah salah satu saja yang paling anda inginkan. Misalnya kita memiliki impian untuk menjual 500 buah produk anda. Maka cobalah untuk membagi 500 buah produk tersebut dalam waktu 12 bulan maka kita akan tahu berapa buah produk yang harus kita jual untuk mewujudkan target tersebut.
Siapkan catatan untuk mencatat aktivitas yang harus kita kerjakan. Catatlah aktivitas yang harus anda kerjakan baik itu harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan sehingga kita bisa tahu target apa yang harus dilaksanakan dan target apa yang sudah tercapai. Tugas apa yang sudah selesai dan tugas apa saja yang belum selesai.
Lakukanlah rutinitas secara konsisten. Selain mencatat setiap aktivitas, tentu hal ini harus dijalankan tidak hanya sekedar menjadi catatan saja. Hal ini sangat penting karena untuk mencapai kesuksesan dibutuhkan konsistensi dan tekad yang kuat, tidak hanya dalam waktu satu atau dua hari saja bisnis kita akan sukses.
Ketika prioritas sudah dicatat dari yang paling tinggi hingga yang paling rendah, maka tugas kita adalah menyelesaikan setiap prioritas yang sudah dicatat. Sebaiknya selesaikan setiap prioritas satu per satu dengan tuntas. Setelah tuntas, barulah kita menyelesaikan prioritas selanjutnya. Kita tidak harus mengikuti perencanaan namun, usahakan agar keputusan yang anda ambil tidak mengganggu aktivitas agar semua dapat selesai tepat pada waktunya.
Pelaku usaha tentunya tak lepas dari godaan. Godaan terberat bagi para pelaku usaha untuk mencapai kesuksesan ialah melalaikan prioritas awal yang sudah mereka tulis dan tentukan. Mereka sering kehilangan fokus dan tergoda melakukan sesuatu diluar prioritas yang telah dicanangkan. Mulai sekarang berusahalah untuk menolak yang bukan menjadi prioritas. Bagi waktu dengan efisien dan usahakan setiap aktivitas yang kita kerjakan masih ada hubungannya dengan tujuan bisnis yang ingin kita capai.
Itulah tadi tips wirausaha agar kita dapat melaksanakan skala prioritas yang sudah kita tentukan dan tuliskan namun disiplin diri tetap menjadi kunci utama dalam proses ini. Semoga dapat bermanfaat. (bn)
Posting Komentar