do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 01 Oktober 2013

Pentingnya Menjaga Etika Bisnis

Kejujuran sangat penting bagi keberhasilan bisnis. Selain itu, pebisnis juga tidak merugikan dan membunuh pesaingnya dan selalu mengutamakan etika berbisnis dengan baik.
Pebisnis yang beretika dapat memberikan manfaat lebih luas bagi perusahaannya, kelompoknya dan masyarakat yang lebih luas.
Etika kehidupan kalau diterapkan di alam bisnis ini memang agak unik karena bisnis berada di lingkungan kompetitif. Bahkan kalau di dalam persaingan yang keras, para pebisnis melakukan praktek saling membunuh untuk memenangkan persaingan.
Etika berbisnis merupakan sebuah prinsip moral. Karena itu, meski ada kompetisi, namun prinsip moral tetap diperlukan agar pebisnis memiliki nilai-nilai sportivitas.
Menang dalam kompetisi seperti dalam olahraga. Ini bukan berarti membunuh lawan. Bahkan, apabila mementingkan diri sendiri, maka kelompok masyarakat ini akan bubar. Nanti malah dirugikan. Kompetisi ini akan mencari dan menghasilkan pemenang bukan berarti harus melakukan kill or to be killed. Tapi ada ruang untuk memikirkan kepentingan bersama.
Etika bisnis tetap diperlukan untuk menjaga norma-norma kemasyarakatan tetap berlaku. Pebisnis yang menggunakan etika sebagai landasan bertindak berarti mempunyai moral yang baik. (as)
Posting Komentar