do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

5 Tips Agar Anda Sukses Merintis Bisnis

Jika anda mempunyai mimpi untuk membuka bisnis atau wirausaha, sebaiknya segera coba untuk dieksekusi menjadi sesuatu yang nyata. Namun jangan pula dijalankan dengan asal-asalan tanpa perhitungan yang matang, anda wajib mempunyai strategi dan jurus jitu merintis bisnis agar sukses dan berkembang sesuai harapan.
Memang bisnis yang baik adalah bisnis yang dimulai dari yang kecil dan sederhana. Dengan semakin bertambahnya omset, maka segala sesuatunya akan mengikuti dan semakin berkembang menjadi bisnis yang besar. Lalu apa saja jurus-jurus jitu agar bisnis yang kecil bisa berkembang menjadi besar? Dibawah ini adalah 5 tips penting yang bisa anda terapkan, dikutip dari wartawirausaha.com:
  1. Mempunyai Rencana Bisnis (Business Plan). Tulis secara detail bisnis yang akan dijalankan. Baca berulangkali agar masuk dalam alam bawah sadar. Tentukan target untuk memotivasi anda dalam bekerja mengembangkan usaha. Tentukan juga konsumen yang menjadi target pemasaran produknya. Anda perlu memahami biaya awal yang dikeluarkan saat membuat bisnis dan biaya operasional bulanan. Tuliskan juga secara rinci apa yang dilakukan sehari-hari agar semua berjalan dengan tersistem, jika semua sudah dalam perencanaan matang, maka anda sudah siap untuk maju ke tahap selanjutnya.
  2. Promosi Online. Dunia bisnis saat ini sangat tergantung dengan Internet. Internet bukan lagi hanya sebagai media pendukung bisnis anda, namun telah menjadi ujung tombak bisnis bila anda memanfaatkannya secara optimal. Semua yang pelanggan butuhkan bisa didapat hanya dengan duduk di depan komputer saja. Sebagai pemilik bisnis anda harus memikirkan metode kuat untuk pemasaran di internet. Buatlah website yang menarik untuk memenuhi target konsumen, dan pastikan memiliki strategi pemasaran melalui media sosial dengan agresif, posting video mengenai perusahaan anda di youtube. Selalu komunikasikan setiap produk maupun promo yang ditawarkan perusahaan melalui media Internet. Sesekali berikan bonus agar semakin menarik pelanggan.
  3. Siapkan SDM Yang Berkualitas. Bila bisnis anda membutuhkan tenaga kerja untuk mendukung kelancaran usaha, jangan asal memilih karyawan, namun pastikan anda mendapatkan tenaga kerja yang memiliki keahlian yang sesuai, loyal dan siap bekerja keras. Bila telah mendapatkannya, jangan ragu untuk memberi bonus dan penghargaan atas prestasi kerja yang dihasilkannya agar mereka betah bekerja dan semakin termotivasi untuk semakin berprestasi.
  4. Kemudahan Bertransaksi. Buatlah pelanggan merasa nyaman dan mudah dalam bertransaksi. Misalnya menerima pembayaran dengan kartu kredit, layanan pesan antar, order by phone, order by email. Ukuran bisnis yang kecil kadang hanya terpaku pada metode transaksi konvensional. Namun kenyataannya dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi dan internet, anda bisa membuka jalur bertransaksi baru dan mendapatkan jaringan pelanggan yang lebih luas dengan mudah.
  5. Beriklan. ide utama dari iklan adalah membentuk merek yang kuat dan mudah dikenali. Memiliki merek yang kuat sangat berguna untuk bisnis kecil, jadi kembangkan strategi periklanan di surat kabar, brosur, maupun website dengan sebaik-baiknya. Desain kartu bisnis yang unik disertai logo dan tagline perusahaan untuk disebarkan ke kolega yang anda temui. Periklanan yang efektif dapat membantu anda mendapat lebih banyak pelanggan dan cepat mengembangkan bisnis anda.
Menyimpan catatan keuangan, pastikan anda memiliki sebuah sistem komputerisasi untuk mencatat arus kas dan keuangan anda. Dengan menggunakan catatan keuangan tersebut anda akan bisa menghemat banyak waktu dan energi.
Demikian tips untuk bisnis kecil yang harus anda ketahui, selalu yakin dengan apa yang anda lakukan, maka kesuksesan dan bisnis yang berkembang akan datang kepada Anda. (bn)
Posting Komentar