Pernahkah terpikir di benak Anda bahwa bisnis Anda berada pada sebuah
kota kecil berpenduduk 10.000 orang. Lalu Anda sudah menjual produk ke
hampir semua orang yang ada di kota. Iya semua orang termasuk anak-anak,
orang tua, laki-laki dan perempuan. Artinya Anda telah berhasil menjual
9.900 atau bahkan 10.000 unit di situ. Artinya apa bagi anda? Apakah
pasar anda sudah jenuh dan saatnya pindah tempat?
Secara hitungan
matematis, iya. Pasar telah habis, dan anda harus berkemas cari kolam
baru. Tapi secara bisnis, siapapun tahu kalau itu artinya sebuah
prestasi dan Anda tak perlu pindah kota!
Mari kita pelajari
beberapa cara sederhana untuk meningkatkan penjualan secara drastis
sambil juga menaikkan kesetiaan pelanggan kita.
Buatlah program insentif
Caranya,
bikinlah sebuah program pemberian insentif yang menarik, mudah
dijangkau dan sederhana untuk tenaga-tenaga marketer Anda. Harapannya,
program insentif berupa bonus tambahan yang menarik ini akan membuat
anda dan tim penjual Anda bekerja lebih banyak dari biasanya. Program
insentif itu seperti bonus penjualan dengan target rendah, liburan, atau
apa saja.
Ajarkan untuk menawarkan UpSell
Menawarkan
UpSelling (UpSell) adalah penawaran barang atau jasa lain yang terkait
atau berhubungan pada setiap pelanggan yang baru saja melakukan
pembelian sebuah produk. Misalnya jika anda menjual Bandeng Presto,
setiap ada pelanggan yang membeli sekotak bandeng presto anda tawarkan
lagi padanya produk sambel botolan yang lezat sebagai pelengkap bandeng
presto yang dia beli. Tawarkan sambel botolan dengan harga diskon khusus
pada pelanggan yang telah membeli bandeng presto anda. Pastikan,
barangatau jasa upsell itu benar-benar diketahui nilai tambah dan
manfaatnya bagi pelanggan. Contoh lain juga dapat dilakukan seperti
menawarkan diskon 50% untuk semua barang lain setelah pelanggan membeli
barang tertentu senilai 100rb, misalnya.
Libatkan pelanggan di dalam program promosi
Orang
senang jika diperhatikan dan dianggap penting. Karena itu, libatkan
pelanggan dalam program-program promosi yang anda lakukan di masa yang
akan datang. Pemberitahuan ini dapat dilakukan setiap ada pelanggan
selesai melakukan transaksi.
Misalnya, Bapak/Ibu, untuk menyambut
hari Kartini bulan depan, kami mengadakan program diskon 50% bagi
pelanggan perempuan. Lebih baik lagi jika anda mempunyai data base
pelanggan yang bagus, seperti anda memiliki data nomor telepon dan
hal-hal lain tentang pelanggan, maka anda bisa memberitahukan mereka
secara pribadi tentang program-program promosi yang anda rencanakan di
masa yang akan datang. Misal dengan mengirimkan email, SMS, bahkan surat
fisik lewat jasa kurir atau kantor Pos.
Lakukan sentuhan personal ke pelanggan
Sebisa
mungkin kenali pelanggan anda yang sudah melakukan repeat order
(pembelian ulang). Ya, anda harus membuat perbedaan bagi pelanggan baru
dan bukan pelanggan baru sebagai tanda perhatian pada mereka. Inilah
mengapa mengumpulkan data pelanggan menjadi penting, sehingga anda bisa
mengetahui siapa pelanggan anda, namanya, nomor teleponnya bahkan hari
ulang tahunnya. Harus ada perbedaan yang jelas antara pelanggan yang
satu dengan yang lainnya. Perbedaan ini untuk menunjukkan bahwa Anda
menghargai mereka. Bagaimana Anda bisa mengharapkan loyalitas pelanggan
jika semua pelanggan diperlakukan sebagai seseorang dari jalanan?
Sebutlah
nama mereka, berikan hadiah saat ulang tahunnya, berikan harga khusus,
atau apa saja yang membuat pelanggan anda merasa diperhatikan dan
diperlakukan khusus.
Hargai pelanggan Anda dengan hadiah
Hampir
semua perusahaan besar melakukan hal ini. Hebatnya, andapun bisa
melakukannya sehingga anda seperti perusahaan besar itu. Berikan hadiah
khusus pada pelanggan yang telah membeli pada anda senilai tertentu.
Atau dapat juga membuat program seperti bawa 4 orang teman gratis satu
orang. Atau Program seperti Makan sesukanya (All You Can Eat) Hanya
dengan 20rb atau program-program sistem poin yang rumit yang dapat
ditiru dari perusahaan-perusahaan besar. Program customer reward jika
dilakukan dengan benar dapat membantu Anda membangun loyalitas pelanggan
dan meningkatkan penjualan. Mencari pelanggan baru itu baik, tapi itu
bukan satu-satunya cara meningkatkan penjualan. Jika bisa menciptakan
pelanggan-pelanggan setia yang bersedia membeli produk anda
berulang-ulang, itu juga sebuah prestasi tersendiri. (bn/dari berbagai
sumber)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar