do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 05 Oktober 2013

Cara Dongkrak Kreativitas untuk Hasilkan Ide Bisnis

Orang lazim mengatakan kepada diri mereka sendiri: Saya tidak kreatif. Padahal kreativitas adalah hal yang bisa dilatih jika kita mau dan bertekad keras untuk itu. Anda perlu mematahkan teori bahwa hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki kreativitas tinggi. Lihat saja dalam sejarah. Sejumlah penemuan yang mengubah peradaban kita pernah dianggap sampah oleh masyarakat luas.
Namun, mengasah kreativitas tidak harus menjadi tugas yang memberatkan. Anggap saja sebagai sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan layaknya kegemaran atau aktivitas sehari-hari. Duduk dan mengrung diri untuk menghasilkan ide cemerlang untuk mengatasi kendala yang menghadang perusahaan bukanlah cara yang efektif. Justru saat Anda sangat membutuhkan kreativitas, biarkan diri Anda terilhami dan terdorong oleh dunia yang mengelilingi Anda. Dalam tahap awal dihasilkannya ide, masalah utamanya bukan pada bagaimana caranya mendapatkan ide yang masuk akal dan bisa diimplementasikan secara langsung di dalam kenyataan. Makin konyol dan aneh ide yang Anda keluarkan dari benak Anda, makin baik ide itu.

Untuk mengilhami ide baru dan memaksa kita berpikir di luar kungkungan yang melingkupi pemikiran kita, mainkan permainan ini: Mix and Match.

Dua produk apa yang bisa digabungkan, yang sebelumnya belum pernah, untuk menciptakan produk baru? Jangan segan untuk mengeluarkan ide yang tak konvensional. Anda bisa menyisihkan waktu sebentar berjalan-jalan untuk mengamati toko ritel favorit dan ide-ide akan muncul. Misalnya, ide untuk menggabungkan kamera dan telepon dahulu tak terpikirkan beberapa dekade lalu. Kini itu menjadi mungkin dan lazim serta disambut baik masyarakat luas.

Buka telinga lebar-lebar ke dunia sekeliling kita dan pertanyakan semua hal. Bagaimana kondisi yang sudah ada sekarang bisa diperbaiki lagi? Bagaimana produk yang sudah ada bisa ditingkatkan lagi performanya? Dengarkan keluhan setiap orang yang Anda temui. Hal apa yang menyulitkan orang-orang di sekitar Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari? Temukan masalah dan mulailah mengeluarkan solusi-solusi. Banyak entrepreneur dan penemu yang bekerja menggunakan cara ini.

Makin sering Anda bekerja menggunakan daya kreasi, akan makin mudah pula bagi Anda dalam menciptakan produk dan layanan baru secara lebih teratur. Semuanya akan bermuara pada peningkatan kualitas kehidupan manusia pada umumnya. (*Akhlis)
Posting Komentar