do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 05 Oktober 2013

3 Unsur Komunikasi yang Perlu Diingat Entrepreneur

Untuk berhasil dalam segala bidang pekerjaan termasuk berwirausaha, seseorang perlu memiliki kemampuan dalam menyampaikan ide-idenya secara jelas dan efektif. Terdapat 3 hal yang dibutuhkan oleh entrepreneur dalam menjalankan perannya sebagai seorang komunikator utama dalam menahkodai bisnisnya sebagaimana dikemukakan oleh Scott Edinger melalui Harvard Business Review:
1. Kredibilitas: Buktikanlah otoritas Anda dengan menunjukkan keahlian teknis yang Anda miliki dalam bidang tertentu, yang membantu meyakinkan orang lain bahwa Anda benar-benar menguasai hal yang akan Anda sampaikan pada mereka.

2. Hubungan emosional: Orang-orang harus yakin bahwa semua perkataan Anda akan memiliki manfaat dan signifikansi bagi mereka. Bangunlah hubungan dengan memberikan mereka perhatian yang paling besar dan hubungkan pesan Anda dengan sesuatu yang menjadi perhatian orang-orang yang Anda ajak berkomunikasi.

3. Logika: Semua otoritas dan empati di dunia ini tidak membantu Anda jika orang lain tidak mampu memahami ide dasar Anda atau bagaimana Anda bisa menghasilkan sebuah simpulan. Susunlah argumen yang jelas dan logis yang bisa diikuti oleh orang lain dan gunakan data dan analisis yang relevan untuk memberikan dukungan bagi setiap pernyataan yang Anda berikan pada mereka. (*Akhlis)
Posting Komentar