do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Rabu, 02 Oktober 2013

Kejujuran, Modal Penting Dalam Membangun Bisnis

Dalam membangun sebuah bisnis terdapat beberapa hal yang harus dilakukan supaya bisnis tetap lancar. Sebagaimana kita ketahui selain bermodalkan materi, dalam membangun sebuah bisnis dibutuhkan juga modal non-materi. Sedikit mari kita singgung beberapa hal yang dibutuhkan dalam membangun bisnis dalam kategori modal non-materi sebagai berikut:
  • Kejujuran untuk membangun kepercayaan partner dan customer
    Kejujuran dalam dunia bisnis sangat diperlukan, ibarat sebuah rumah, kejujuran adalah pondasi. Saya katakan pondasi karena disini berarti tanpa modal kejujuran, sebuah bisnis akan runtuh dan tidak bertahan lama. Sudah barang tentu dari jaringan bisnis, baik partner maupun customer (pelanggan) akan merasa nyaman ketika dalam sebuah hubungan bisnis didasari kejujuran.
  • Kejelian melihat peluang pasar
    Hal yang kedua dalam pandangan saya, bahwa dalam sebuah bisnis dibutuhkan pula kejelian melihat pasar. Analisis pasar yang dimaksud disini yaitu bagaimana kita mampu menembus peta pasar yang kita bidik, misalkan kita bergerak dalam bidang bisnis penjualan komputer, kita harus mampu menelusuri daerah mana saja yang memang berpeluang untuk kita promosikan produk kita, baik harga maupun peluang pelanggan.
  • Inovasi dalam membangun jaringan
    Dalam hal ini kita juga harus bisa melihat posisi harga per-daerah yang menjadi sasaran produk kita, ambil contoh disuatu daerah yang banyak berdiri toko komputer&aksesories, kita harus bisa memainkan harga dibawah standar toko lain. Bisa juga dalam hal lain kita bisa memainkan promosi produk dengan memberikan bonus-bonus ataupun doorprice dalam rangka menarik pelanggan. (bn)

Posting Komentar