do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Kepemimpinan Perlu dan Bisa Dilatih

Kepemimpinan bukan suatu sifat turunan yang kita bawa sejak lahir. Kepemimpinan bisa dipelajari. Kuncinya ialah dengan mempraktikkannya sebelum Anda memiliki jabatan atau titel resmi.
Mulailah dengan berfokus pada pilihan-pilihan yang Anda miliki sekarang, seperti siapa yang harus dimasukkan dalam tim atau mitra bisnis mana yang sesuai untuk proyek Anda selanjutnya.
Akui bahwa Anda mungkin tidak mengetahui sebagian hal. Membuat keputusan berdasarkan informasi yang kurang lengkap merupakan ketrampilan yang setiap pemimpin harus kuasai. Setelah Anda bertindak, tanyakan pada diri sendiri: Apakah itu keputusan yang tepat? Apakah Anda sudah melakukan dengan cara berbeda? Hal ini akan membiasakan diri Anda untuk membuat keputusan, melaksanakan keputusan tersebut dan mengevaluasi hasilnya. Kemudian belajar dari kesalahan yang tak bisa dihindari.
Anda akan membangun pengetahuan dan wawasan serta ketrampilan saat Anda membuat keputusan yang makin besar dampaknya dengan konsekuensi yang lebih besar pula yang semua pemimpin harus lakukan. (*AP)
Posting Komentar