Langkah Training manajemen adalah hal vital di semua bisnis, terlepas
dari ukuran perusahaan atau produk atau jasa yang diberikan. Pada
manajemen inti adalah kemampuan untuk mengelola orang dan membuat mereka
terus termotivasi serta senang ditempat kerjanya.
Namun, yang
mengejutkan masih banyak manajemen yang mengingkari aspek fundamental
ini dalam bisnis. Bagian dari masalah adalah orang-orang dalam posisi
manajemen biasanya tidak mengenali kekurangan mereka dan hasilnya adalah
penolakan untuk menghadapi masalah dengan gaya manajemen mereka. Namun
apa yang akan dikatakan karyawan pada bosnyaa dalah mereka sudah bisa
mengatasi situasi tertentu. Ini merupakan contoh dimana seorang manajer
memiliki tingkat refleksi diri tertentu dimana dia bisa mengenali
kesalahannya. Ini adalah bakat yang langka yang dimiliki sedikit orang.
Hal
terpenting bagi bisnis apapun adalah manajemen dinilai secara teratur
dan dilatih untuk menyelesaikan tugas secara efektif. Ini adalah hal
yang umum, tapi seberapa banyak bisnis yang melakukannya? Menurut
pengalaman saya : tidak banyak. Reward untuk bisnis yang dilakukan
adalah hal yang jamak. Jika Anda bisa mengelola karyawan dengan baik dan
termotivasi, maka Anda bisa melanjutkan kesuksesan. Jadi apa yang
terlibat dalam training manajemen?
Ada sejumlah training inti
manajemen dimana Anda dan staf bisa mendapatkan keuntungan. Kebanyakan
penyedia training akan menawarkan jasa dimana mereka akan melihat
kebutuhan khusus manajemen tapi ada juga program training inti bagi
mereka yang tahu apa yang mereka butuhkan untuk peningkatan. Beberapa
training yang tersedia biasanya mengenai keberadaan manajemen, perubahan
manajemen, manajemen bagi profesional HR, disiplin, keterampilan
feedback, pengembangan manejemen, teknik wawancara, mengelola kinerja,
motivasi ditempat kerja, pengembangan manajemen senior, pengembangan tim
leader dan team building.
Menurut saya aspek inti dalam
membangun perusahaan yang baik dan meraih kesuksesan adalah membuat
staff Anda tetap termotivasi. Keuntungan yang diraih dari semua ini
tidakterhitung besarnya. Jika staf memberikan usahanya secara penuh
didalam pekerjaannya, maka tidak ada yang menghentikan Anda agar sukses.
Cara
pertama untuk meningkatkan motivasi karyawan Anda adalah dengan
memiliki pengetahuan teori motivasi. Membandingkan dan menelaah teori
dari Maslow, Herzberg,Handy, Taylor dan Mcgregor akan memberikan Anda
pandangan yang obyektif apa yang memotivasi orang. Kemudian training
manajemen akan mengajarkan pada Anda bagaimanamenggabungkan teori-teori
ini dalam kegiatan harian. Anda akan diajarkan apa yang bisa dilakukan
oleh organisasi milik klien dan memahami hubungan antara nilai-nilai dan
motivasi. Pelatihan juga akan menunjukkan pada Anda bagaimana
menggunakan insetif sebagai alatmotivasi.
Aspek penting lainnya
dalam menerapkan teori motivasi di tempat kerja adalah menciptakan
rencana motivasi. Rencana ini menetapkan tujuan dan sasaran manajemen
secara keseluruhan. Training juga akan membantu Anda untuk mengacu pada
tujuan operasional dan budaya organisasi. Ini juga akan membantu Anda
menetapkan proses kendali dan evaluasi untuk staff Anda sekaligus
mengembangkan pendekatan kreatif untuk menginspirasi orang.
Training manajeman akan mengajarkan Anda bagaimana berkomunikasi dan menerapkan rencana yang telah Anda kembangkan. *(DI)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar