Setiap
inovator di manapun bekerja dengan selalu berharap untuk menghasilkan
inovasi-inovasi yang akan menjadi serangkaian terobosan yang mengagumkan
dan membuat mereka terkenal dan kaya raya. Namun, menurut Rosabeth Moss
Kanter, dalam kondisi perekonomian global yang belum sepenuhnya pulih,
inovasi seringkali membutuhkan risiko yang terlalu tinggi bagi sebuah
perusahaan apalagi startup yang masih labil dan belum lagi harus
mempertimbangkan para konsumen yang tak terlalu menyukai terjadinya
perubahan dalam atmosfer mereka bekerja.
Karenanya,
daripada Anda harus bermimpi menelurkan inovasi besar yang akan dicatat
dalam sejarah, pusatkan tenaga dan pikiran Anda untuk melakukan upaya
inovasi dalam skala yang lebih masuk akal. Demikian saran Kanter.
Caranya dengan fokus untuk mengerjakan hal-hal kecil tetapi memiliki
dampak dan manfaat yang tidak kecil bagi perbaikan kehidupan.
Carilah perbaikan dan penyempurnaan yang bisa diterapkan dalam setiap produk dan layanan yang Anda tawarkan kepada masyarakat luas. Gunakan berbagai eksperimen kecil dan sederhana tetapi efektif dan tak banyak memakan biaya bagi perusahaan Anda dengan tujuan untuk menguji animo konsumen terhadap ide-ide baru yang Anda benamkan adalam produk dan layanan baru.
Carilah inovasi-inovasi yang dengan mudah bisa disesuaikan penerapannya oleh konsumen dan jangan sampai inoasi tersebut memberatkan dalam sisi investasi karena dengan investasi yang terlalu tinggi jumlahnya, ia akan lebih sukar diwujudkan.
Inovasi-inovasi tersebut memiliki peluang untuk digemari para pemegang saham dan konsumen luas Anda, dan mereka ini seringkali menjadi batu sandungan bagi terobosan-terobosan jangka panjang yang lebih besar skalanya. (*Akhlis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar