do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 05 Oktober 2013

Apakah Usaha Anda Sudah Sesuai dengan Karakter Anda?

Menentukan jenis usaha yang ingin dijalankan adalah masalah gampang, tapi apakah sudah sesuai dengan karakter anda? Menentukan karakter dari sifat wirausaha anda itu adalah hal yang perlu untuk diperdalam agar dapat menemukan jenis usaha yang benar-benar cocok dengan karakter sifat wirausaha anda.
Mengalami kegagalan dalam bisnis bisa dikatakan suatu hal yang lumrah, namun bila diteliti lebih jauh ternyata banyak kegagalan tersebut juga ada yang diakibatkan oleh perbedaan karakter bisnis dalam diri kita dengan jenis usaha yang dijalankan.
Pada umumnya semua wirausahawan adalah unik satu sama lain, tetapi mempunyai tipe yang seragam, beberapa dari kita adalah penemu yang melihat tantangan sebagai kesempatan membangun usaha dengan hal-hal baru, lainnya adalah marketer yang percaya bahwa kita dapat menarik pelanggan kepada apapun yang kita tawarkan dan juga beberapa dari kita hanya ingin mengubah dunia dan menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik.
Mengetahui karakter wirausaha anda sangat penting, ini dapat membuat anda lebih diperlengkapi untuk memulai bisnis, setiap orang punya sifat wirausaha, ada dalam DNA kita dan dengan mendapatkan gambaran yang tepat dari sifat wirausaha tersebut maka bisnis yang anda jalankan dapat menjadi sukses dan bisa berkembang.
Berikut adalah gambaran umum karakter sifat wirausaha yang wajib anda ketahui:
  1. Pembangun. Orang dengan karakter ini adalah mereka yang dapat disamakan seperti para pemain catur yang selalu memikirkan dua atau tiga langkah ke depan dalam kompetisi, mereka sangat fokus, penuh perhitungan, dingin dan tidak pandang bulu, mereka terus membangun langkah-langkah ke depan untuk mendapatkan kemenangan. Sebagai contoh seperti pengembang property, investasi lahan.
  2. Opportunis. Opportunis adalah sisi spekulatif dari seseorang, kita punya bagian ini dalam diri kita, yaitu bagian dimana ada keinginan untuk menjadi orang yang tepat pada saat yang tepat, berani mengambil resiko dan mendayagunakan timing untuk menghasilkan uang sebanyak mungkin. Opportunis adalah orang yang memperkuat sisi ini menjadi karakter mereka.
  3. Spesialis. Karakter satu ini adalah tipe yang menggeluti satu industri dan tetap di bidang itu selama 15- 30 tahun. Mereka tekun dalam membangun suatu keahlian, seringkali berjuang untuk tetap menonjol diantara para pesaingnya. Sebagai contoh seperti graphic desainer, IT expert, usaha dibidang agrobisnis.
  4. Innovator. Orang dengan karakter ini biasanya dapat ditemukan dalam laboratorium bisnis, mengerjakan penemuan, ide-ide baru, konsep atau sistem, produk yang bisa dikembangkan lagi menjadi satu atau beberapa bisnis lagi. Tantangan untuk innovator adalah untuk fokus pada kenyataaan bisnis sama seperti fokus pada kemungkinan produk-produk yang bisa ditawarkan.
Menemukan karakter wirausaha sendiri adalah suatu awal yang baik, setelah itu tinggal memperkuat dan memberikan yang terbaik untuk mengembangkan karakter wirausaha anda. Ini akan membuat anda tidak mudah terbawa arus hanya mengikuti dinamika trend sesaat yang mudah hilang, namun akan membuat kita lebih fokus dan mantap untuk melangkah mengembangkan usaha sesuai karakter diri kita.
Kendati banyak faktor seperti keadaan lingkungan bisnis yang tidak bisa diprediksi, namun selalu ada kesempatan bagi kita untuk mengetahui peluang-peluang apa yang bisa diciptakan menjadi sebuah usaha baru bila kita sudah mengetahui bagaimana karakter dasar wirausaha kita. Jadi pilihlah bidang usaha yang sesuai dengan karakter anda! (bn/marketing)
Posting Komentar