do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 12 Oktober 2013

Menggunakan Waktu Luang Semaksimal Mungkin

Memang sangat sukar untuk menyisihkan waktu untuk beristirahat sejenak di dunia yang selalu terjaga ini. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa seorang entrepreneur juga kadang harus meninggalkan pekerjaan sejenak agar keseimbangan kehidupannya terus terjaga. Abaikan kegiatan-kegiatan yang kurang penting dan lebih fokus pada pekerjaan dan kegiatan yang lebih bermakna bagi diri dan keluarga serta masyarakat sekitar.

Berikut adalah cara menyisihkan waktu Anda untuk dapat menjaga produktivitas sebagaientrepreneur:

  • Susun jadwal yang jelas dan tegas: Perlakukan waktu luang seperti waktu bekerja: Jadwalkan dengan sengaja. Rencanakan waktu bersantai secara sengaja sebelumnya. Jauhkan pekerjaan dan hanya lakukan hal yang Anda benar-benar nikmati seperti bercengkerama dengan keluarga. Waktunya bisa 1 -2 hari saat Anda bisa benar-benar bebas dari pekerjaan. Dan jika bisa satu pekan penuh setiap tahun untuk bisa bersama orang-orang yang Anda kasihi dan benar-benar berinteraksi dengan mereka.
  • Matikan alat komunikasi Anda: Tinggalkan laptop di kantor atau rumah dan kunci di almari. Milikilah nomor ponsel terpisah, satu untuk pekerjaan dan satu lagi untuk pribadi. Tinggalkan ponsel yang berkenaan dengan pekerjaan di tas kerja Anda saat Anda datang dan tiba di rumah. Atau jika Anda ingin lebih ketat, masukkan saja ke kotak deposit atau brankas di hotel saat berada dalam liburan keluarga.
  • Ciptakan rutinitas: Berikan sinyal pada pikiran Anda bahwa sekarang waktunya untuk mulai bekerja, meninggalkan kerja atau melibatkan diri dalam kegiatan keluarga dengan menggunakan ritual untuk transisi dari satu jenis kegiatan ke kegiatan berikutnya. (*Akhlis)

Posting Komentar