do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 12 Oktober 2013

Salah Satu Tolok Ukur Kesuksesan Bisnis Adalah Menciptakan Loyal Customer

Salah satu tolok ukur kesuksesan bisnis Anda adalah bagaimana Anda bisa mengelola pelanggan. Bagaimana mengelola pelanggan sehingga membuat mereka loyal kepada perusahaan? Kita harus fokus kepada pelanggan yang tepat yaitu pelanggan yang memberikan kontribusi terbesar untuk perusahaan Anda.
Berikut ini cara efektif mengelola pelanggan yang diperlukan dalam bisnis, yaitu :
1. Selalu love the customer, cintai customer Anda, kita harus tahu apa kebutuhan dia.\
Kita tahu apa yang dia mau dan kita harus beri lebih kepada dia. Contohnya Anda yang sudah pernah ikut seminar saya, saya bonuskan 3 cd audio, sehingga peserta/customer bisa belajar lagi dan selalu bisa dengarkan. Selalu give more, kenapa buku saya laris? karena saya selalu memberi nilai tambah, saya selalu memberi cd audio.
2. Hubungi rutin, mengelola pelanggan
Pelanggan adalah unsur yang paling berharga dalam bisnis, namun kendalanya menghubungi pelanggan sangat susah tapi kita masih bisa memelihara pelanggan.
3. Bentuk sales tim yang dahsyat yang hasilnya luar biasa meledakkan
Kemudian anggap sebagai orang tua yang memberi saku, ini prinsip yang saya ajarkan, anggap seperti itu, jadi kita harus baik karena mereka yang memberi uang kepada perusahaan.
4. Fokus dari 20 % yang menghasilkan 80%.
Maksudnya tidak semua pelanggan selalu menguntungkan. Ketika saya belajar, saya hanya fokus pada 1% yang menghasilkan uang, walaupun memang tidak mewakili semua. Saya baru dapat data 1% orang di Indonesia menguasai uang yang beredar dengan persentase 69%, hebat? Sungguh hebat sekali 1 orang depositonya Rp 24 Miliar , dan ada pula yang Rp 75 Miliar, maka sungguh sayang kalau kita tidak menjadi yang 1% ini, saya fokus pada customer yang itu-itu saja, saya fokus dan saya layani dengan sangat-sangat baik. (bn/artikel tung desem waringin)
Posting Komentar