do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 29 Oktober 2013

Tips Memulai Usaha Untuk Pemula

Ingin berbisnis tetapi Anda termasuk kategori pemula? Jangan khawatir, nikmati tips-tips dibawah ini ketika Anda memulai bisnis baru dalam dunia usaha.
1. Miliki mimpi
Awal dari kesuksesan besar adalah mimpi yang besar. Bermimpi punya perusahaan besar dan omzet sampai miliaran rupiah. Mimpi ini akan Anda jadikan motivasi untuk menggali ide-ide yang kreatif dalam berbisnis.
2. Persiapkan Mental yang Kuat
Untuk menjadi pengusaha tidak mudah. Pengusaha biasanya beda dengan karyawan. Karyawan biasanya menghabiskan gaji bulanannya, sementara pengusaha menginvestasikan kembali sebagian penghasilannya. Maka dari itu, jika ingin memulai usaha terapkanlah mental pengusaha dalam diri Anda.
3. Memiliki Rencana yang Bertahap
Tidak ada yang serba instan di dunia ini. Semua dimulai melalui berbagai tahapan kejadian. Begitu pula jika Anda merintis usaha. Hal pertama yaitu masalah modal, jika memang modal Anda hanya sedikit, ikuti saja peraturannya. Anda harus berpikir matang dalam menggunakan modal yang hanya sedikit. Rencanakan sesuai kepentingan, dan yakinlah bahwa keuntungan akan datang sendiri jika menjalankan tahap usaha dengan benar.
4. Punya Visi dan Misi yang Jelas
Harus punya impian untuk jangka panjang, jangan memulai usaha hanya untuk jangka pendek. Jika tidak ada misi dan visi, maka Anda akan kehilangan arah dalam berbisnis, yang akhirnya anda kurang fokus. Jika itu terjadi, maka usaha Anda tidak akan meningkat, bahkan bisa terjadi kebangkrutan.

5. Menyusun Rencana Kreatif
Menjalankan usaha tidak sederhana jika kita menginginkan hasil yang maksimal. Maka berusaha mencari ide bisnis yang kreatif. Baik dari segi produk yang sedang Anda usahakan, pengelolaan modal, penjajakan jaringan atau rencana kreatif lain yang lebih efektif.
6. Cari Tempat Usaha yang Strategis
Strategis bisa tempat yang ramai, dekat dengan aktivitas warga, dekat sekolah, kantor dan kampus. Tapi, jika Anda tidak mendapat tempat demikian jangan ragu. Anda bisa menjual kunci lain yang tidak dimiliki pengusaha lainnya. Contoh: menjual warung makan ditempat kurang strategis, Anda bisa menjual pelayanan yang sopan, santun, ramah, bersih dan menu yang sangat menggugah konsumen.
7. Harus Cerdas Menyikapi Kegagalan
Sebagai pengusaha jatuh dan bangun bagaikan menu makanan setiap harinya. Jika Anda menemui jalan kegagalan, segeralah cari penyebabnya dan menyikapi kegagalan tersebut dengan cerdas.
8. Miliki Ide yang Kreatif
Dunia bisnis merupakan dunia yang penuh ketegangan. Bila Anda tidak mempunyai ide yang kreatif, bisa jadi Anda akan masuk ke dalam bisnis yang menegangkan. Awal bisnis yang baik memiliki rencana cadangan dan ide yang kreatif.
9. Cerdas dalam Menggunakan Laba
Laba atau keuntungan biasanya membuat Anda akan lupa di masa susah dahulu dalam memulai bisnis. Anda harus bisa menggunakan laba tersebut dengan bijak dan cerdas. Laba yang Anda genggam seharusnya bisa dipergunakan untuk mengembangkan dan memperbesar bisnis. Jadi Anda jangan terlena dengan laba yang menggiurkan. (*DI)
Posting Komentar